Pilih Laman

Melanjutkan kegiatan p
enelitian pada tahun 2009, pada tahun 2010 sedikit mengalami perubahan dimana Unit Pengembangan Penelitian Teknologi (UPPT) Fakultas Teknik Universitas Diponegoro mengkoordinir dua kategori kegiatan penelitian yang didanai oleh Fakultas Teknik Undip, yaitu:

  1. Kategori I, Penelitian Lanjut (Advanced Research)
  2. Kategori II, Penelitian Pengembangan Teknologi

 

1.      Kategori I, Penelitian Lanjut (Advanced Research)

Penelitian Lanjut adalah suatu kegiatan penelitian dengan output yang diharapkan berupa hasil penelitian yang dapat dipublikasikan pada suatu jurnal internasional. Jumlah proposal yang akan didanai adalah 10 buah proposal yang masing-masing bernilai Rp. 40 juta.

A.     Mekanisme Pengajuan Proposal

·         Pengusul mengajukan outline proposal dalam format MS Word yang ditulis dalam bahasa Inggris kealamat email: uppt.ft@undip.ac.id Format outline proposal dapat dilihat pada lampiran 1.

·         Batas waktu penerimaan outline proposal adalah hari Kamis tanggal 24 Februari 2010.

·         Seleksi outline proposal akan dilakukan oleh tim reviewer pada tanggal 25 Februari – 5 Maret 2010.

·         Proposal yang lolos seleksi tahap pertama, tim penelitinya akan diundang untuk mengikuti seleksi tahapan berikutnya yang akan diselenggarakan pada hari Rabu 17 Maret 2010 dengan membawa proposal lengkap yang ditulis dalam bahasa Inggris sebanyak 4 eksemplar.

·         Proposal lengkap wajib berisi lembar pengesahan yang ditanda tangani oleh Ketua Jurusan dimana peneliti utama berasal dan Ketua Kluster (Tidak perlu tanda tangan Dekan).

·         Proposal Teknis dan biaya disusun mengikuti format Hibah Bersaing yang dibuat oleh Dirjen Dikti/Depdiknas

·         Proposal lengkap wajib berisi Riwayat Hidup Peneliti Utama dan Peneliti Anggota

·         Proposal dijilid rapi dengan cover berwarna MERAH

 

B.     Persyaratan

·         Tim peneliti adalah Peneliti Utama, dan anggota peneliti yang berjumlah maksimum 2 orang anggota serta melibatkan minimum 2 orang mahasiswa.

·         Peneliti Utama adalah dosen aktif atau tidak sedang studi lanjut kecuali bagi mereka yang studi lanjut di Universitas Diponegoro.

·         Peneliti Utama memiliki track record yang relevan dengan usulan penelitian

·         Penelitian yang memiliki tema yang mirip dengan penelitian yang sedang didanai oleh Dikti, BPPT dan lembaga lain atau sedang dalam tahap pengajuan harus melampirkan proposal penelitian tsb.

·         Jika proposal yang sama (mirip) ternyata dapat didanai oleh instansi lain, maka proposal yang diajukan untuk didanai akan dibatalkan

C.     Pemantauan

·         Pemantauan dilakukan minimal sekali dalam kurun waktu proses pengerjaan penelitian

·         Kegiatan pemantauan akan dilakukan oleh Tim yang akan dibentuk berdasarkan SK Dekan FT Undip

·         Kegiatan pemantauan  berupa presentasi kemajuan kegiatan penelitian dan kunjungan lapangan

D.    Evaluasi

·         Peneliti wajib menyerahkan Laporan akhir Hasil Penelitian yang ditulis dalam Bahasa Inggris sebanyak 6 (enam) eksemplar hard copy dan satu buah soft copy dalam sekeping CD.

·         Peneliti wajib membuat makalah dalam Bahasa Inggris untuk disubmit ke salah satu jurnal internasional

·         Peneliti wajib menyerahkan bukti bahwa artikel hasil penelitian telah di submit ke jurnal internasional

·         Peneliti wajib menyerahkan poster ukuran A1 yang telah dibingkai dan soft copy poster sebanyak masing-masing satu buah

·         Peneliti wajib mempresentasikan hasil-hasil penelitiannya pada seminar hasil penelitian yang akan diselenggarakan oleh UPPT FT Undip.

 

2.      Kategori II, Penelitian Pengembangan Teknologi

Penelitian Pengembangan Teknologi adalah suatu kegiatan penelitian yang sejalan dengan Agenda Riset Nasional dan tema lainnya yang bertujuan untuk mendukung pembangunan iptek nasional. Output yang diharapkan berupa hasil penelitian yang dapat dipublikasikan pada suatu jurnal nasional terakreditasi. Jumlah proposal yang akan didanai adalah 30 buah proposal yang masing-masing bernilai Rp. 15 juta.

A.     Mekanisme Pengajuan Proposal

·         Pengusul mengajukan outline proposal dalam format MS Word kealamat email: uppt.ft@undip.ac.id Format outline proposal dapat dilihat pada lampiran 1.

·         Batas waktu penerimaan outline proposal adalah hari Kamis tanggal 24 Februari 2010.

·        
Seleksi outline proposal akan dilakukan oleh tim reviewer pada tanggal 25 Februari – 5 Maret 2010.

·         Proposal yang lolos seleksi tahap pertama, tim penelitinya akan diundang untuk mengikuti seleksi tahapan berikutnya yang akan diselenggarakan pada hari Kamis, 18 Maret 2010 dengan membawa proposal lengkap sebanyak 4 eksemplar

·         Proposal lengkap wajib berisi lembar pengesahan yang telah ditanda tangani oleh Ketua Jurusan dimana peneliti utama berasal dan Ketua Kluster (Tidak perlu tanda tangan Dekan)..

·         Proposal (lengkap) Teknis dan biaya disusun mengikuti format Hibah Bersaing yang dibuat oleh Dirjen Dikti/Depdiknas

·         Proposal lengkap wajib berisi Riwayat Hidup Peneliti Utama dan Peneliti Anggota

·         Proposal lengkap dijilid rapi dengan cover berwarna BIRU

 

B.     Persyaratan

·         Tim peneliti adalah Peneliti Utama dan anggota peneliti maksimum 2 orang anggota serta melibatkan minimum 2 orang mahasiswa.

·         Peneliti Utama adalah dosen aktif di Fakultas Teknik Undip (tidak sedang studi lanjut)

·         Peneliti Utama memiliki track record yang relevan dengan usulan penelitian

·         Peneliti Utama yang telah mendapatkan dana hibah penelitian dari sumber lain (dikti, ristek, bppt, dsb) dan penelitian tersebut belum berakhir tidak diperkenankan mengajukan proposal penelitian untuk kategori ini.

 

C.     Pemantauan

·         Pemantauan dilakukan minimal sekali dalam kurun waktu proses pengerjaan penelitian

·         Kegiatan pemantauan akan dilakukan oleh Tim yang akan dibentuk berdasarkan SK Dekan FT Undip

·         Kegiatan pemantauan  berupa presentasi kemajuan kegiatan penelitian dan kunjungan lapangan

D.    Evaluasi

·         Peneliti wajib menyerahkan Laporan akhir Hasil Penelitian sebanyak 6 (enam) eksemplar hard copy dan satu buah soft copy dalam sekeping CD.

·         Peneliti wajib menyerahkan bukti bahwa artikel hasil penelitian telah di submit ke jurnal nasional terakreditasi

·         Peneliti wajib menyerahkan poster ukuran A1 yang telah dibingkai dan soft copy poster sebanyak masing-masing satu buah

·         Peneliti wajib mempresentasikan hasil-hasil penelitiannya di depan Tim yang akan dibentuk berdasarkan SK Dekan

Catatan:

Peneliti (baik sebagai peneliti utama atau anggota) yang mengirimkan usulan proposal advanced research (kategori I) tidak boleh mengajukan usulan proposal penelitian untuk kategori II (Penelitian pengembangan teknologi).

3.      Tanggal Penting Kegiatan

 

No.

Kegiatan

Tanggal

1.

Penyerahan Outline Proposal Penelitian

1 – 24 Februari 2010

2.

Seleksi Outline Proposal (Tahap I)

25 Februari – 5 Maret 2010

3.

Pengumuman Hasil Seleksi Outline Proposal

9 Maret 2010

4.

Penjelasan Kegiatan Penelitian

11 Maret 2010

4.

Presentasti Pengusul Proposal di Depan Tim Reviewer (Tahap II)

17 & 18 Maret 2010

5.

Pengumuman Proposal Yang akan Didanai

23 Maret 2010

6.

Penandatanganan Kontrak Pelaksanaan Penelitian

1 April 2010

7.

Pelaksanaan Penelitian

1 April – 30 September 2010

8.

Monitoring dan Evaluasi Tahap I

Juli 2010

9.

Monitoring dan Evaluasi Tahap II

Pertengahan September 2010

10.

Penyerahan Laporan Akhir Penelitian

30 September 2010

11.

Seminar Hasil-hasil Penelitian

Oktober 2010

 

Mengetahui,

Pembantu Dekan I FT Undip                                        Ketua UPPT FT Undip,

 

(Ir. Bambang Pudjianto, MT)                                       (Rusnaldy, ST, MT, PhD)

NIP. 195212051985031001                                        NIP. 197005201999031002           

 

Download Formulir