Sebagai bentuk upaya dari Fakultas Teknik Universitas Diponegoro dalam memberikan apresiasi terhadap karya mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata, Humas Fakultas Teknik Universitas Diponegoro membuka kesempatan bagi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro untuk mengirimkan artikel liputan dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dijalankannya.

Berikut beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa terkait yang ingin mengunggah artikel liputan KKN ke web Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Syarat Pengirim:

  1. Terdaftar sebagai Mahasiswa Aktif di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (dibuktikan dengan foto KTM atau Transkrip Akademik terbaru);
  2. Sedang menjalani KKN Tim I maupun Tim II di Tahun Akademik yang sedang berjalan (Dibuktikan dengan adanya matakuliah “Kuliah Kerja Nyata” di Transkrip Akademik terbaru); atau
  3. Merupakan mahasiswa peserta IISMA, baik Reguler, Co-funding, dan Entrepreneur (Dibuktikan dengan tangkapan layar portal IISMA ketika diterima sebagai peserta IISMA);
  4. Sudah mengikuti akun Instagram Fakultas Teknik Undip @teknikundip

Tata Cara Pengiriman Draf:

  1. Buat surel untuk submisi draf artikel liputan KKN dengan format sebagai berikut:
    • Untuk judul surel, ditulis dengan kode rubrik-nama penulis/tim KKN-judul kegiatan
      Contoh : KKN-KKN Undip Tim I Desa Wonocatur-Program Mengajar di Desa
    • Di bagian tubuh surel, tulis identitas lengkap yang terdiri atas poin-poin berikut:
      • Nama lengkap penulis/perwakilan tim KKN (nama akan dicantumkan di bagian penulis artikel)
      • NIM penulis/perwakilan tim KKN
      • Asal Departemen/Prodi penulis/perwakilan tim KKN
      • Nama Tim KKN yang mengirimkan draf
      • Nama akun Instagram penulis/tim KKN
      • No. Telepon yang bisa dihubungi.
      • Pernyataan kesediaan untuk revisi draf
  1. Cantumkan deskripsi singkat terkait liputan yang dikirim di bagian tubuh surel (maksimal 150 kata).
  1. Di bagian lampiran, mohon melampirkan Foto KTM, Transkrip Akademik, draf artikel liputan, serta Surat Pernyataan bahwa yang bersangkutan bersedia untuk mengikuti panduan revisi draf serta menggunakan data yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.
  2. Mohon untuk mencantumkan foto dengan resolusi terbaik melalui tautan drive.
  3. Surel dikirim ke alamat surel resmi Humas Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (humas@ft.undip.ac.id), pengumpulan melalui alamat surel di luar alamat tersebut tidak akan diterima.

Syarat dan Ketentuan Draf

  1. Draf artikel liputan tidak boleh memuat :
    • Data yang tidak faktual, tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, dan/atau memuat informasi bohong dan fitnah.
    • Data yang bermuatan sadis, cabul, pornografi, ataupun yang tidak sesuai dengan nilai moral yang berlaku dalam masyarakat sehingga tidak pantas untuk dipublikasikan kepada publik.
    • Data yang bermuatan prasangka dan kebencian terkait dengan Suku, Agama, Rasa, dan Antarbangsa (SARA) serta menganjurkan kekerasan, baik berbasis SARA maupun tidak
    • Data yang bermuatan diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta berpotensi merendahkan martabat orang lemah, terpinggirkan, miskin, sakit, cacat jiwa, atau kelompok difabel.
  2. Draf liputan disarankan memuat:
    • Unsur dasar jurnalisme (5W+1H)
    • Jika menggunakan gaya penulisan hard news, disarankan untuk menggunakan metode piramida terbalik
    • Cerita yang menarik, orisinal, dengan sudut pembingkaian yang menarik dan memiliki nilai berita
    • Penulisan yang baik dan benar secara ejaan dan kosakata sesuai dengan EYD dan KBBI terbaru
    • Foto yang representatif, orisinal, menarik, dan tidak mengandung muatan yang dilarang
    • Disarankan memuat kutipan dari tokoh/narasumber yang terkait dengan peristiwa yang diliput
  3. Panjang tulisan yang disarankan adalah 400 kata (termasuk Judul), kecuali jika gaya penulisan yang digunakan adalah Jurnalisme Kisah/Sastrawi atau Investigasi (maksimal 900 kata).
  4. Humas Fakultas Teknik Universitas Diponegoro tidak membatasi gaya penulisan yang digunakan oleh penulis liputan. Silakan menggunakan gaya penulisan yang dirasa cocok.
  5. Setiap penulis/tim KKN bebas untuk mengirim draf sebanyak-banyaknya. Namun, hanya akan ada maksimal 2 artikel per tim KKN yang diliput di web Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
  6. Proses edit dan revisi akan dilakukan oleh petugas dari Humas Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
  7. Edit dan revisi akan dilakukan maksimal 3 kali melalui surel. Durasi bagi pengirim untuk merevisi naskahnya adalah 5 hari. Apabila pengirim tidak memberikan respon dan mengirimkan naskah hasil revisi selama masa revisi tersebut, maka pengajuan draf artikel liputan akan dianggap gugur dan tidak akan dimuat di web Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
  8. Pengirim artikel boleh meminta hasil revisi draf artikel liputan yang diberikan oleh Humas Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, atau membiarkan tim Humas Fakultas Teknik Universitas Diponegoro untuk melakukan revisi sepihak terhadap draf artikel liputan yang dikirimkan.
  9. Segala foto yang dikirimkan akan menjadi hak milik dari Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, dengan atribusi terhadap pembuat karya (baik individu maupun tim).
  10. Segala keputusan dari Humas Fakultas Teknik Universitas Diponegoro terhadap draf liputan bersifat mutlak, dan tidak dapat diganggu gugat.
  11. Hasil final dari liputan yang masuk akan dimuat di web Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (ft.undip.ac.id) dan Instagram Fakultas Teknik Undip (@teknikundip)
  12. Artikel terpilih akan dikirim ke Humas Undip untuk dimuat di web Universitas Diponegoro (undip.ac.id)