Beasiswa S2 khusus Bidang Teknik Metalurgi di Northeastern University, atau juga dikenal dengan Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU, adalah program kerja sama pendanaan bersama antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), LPDP, Northeastern University, dan Zhejiang Huayou Cobalt Co.

Beasiswa ini merupakan beasiswa untuk jenjang magister satu gelar (single degree) khusus untuk bidang Teknik Metalurgi (Metallurgical Engineering) yang ditujukan untuk seluruh Warga Negara Indonesia dari masyarakat umum selain Pegawai Negeri Sipil (PNS), Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), dan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Adapun beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan penelitian dan pendidikan di bidang Teknik Metalurgi.

Program beasiswa ini akan mengkover biaya pendidikan selama mengambil magister di Northeastern University dengan durasi studi paling lama 36 (tiga puluh enam) bulan termasuk studi lapangan di Zhejiang Huayou Cobalt Co. Ltd. Masa studi akan berlangsung dari tahun 2023 hingga 2026. Setiap penerima beasiswa diwajibkan untuk bekerja pada Zhejiang Huayou Cobalt Co. Ltd yang berada di Indonesia selama 2 (dua) tahun setelah menyelesaikan masa studinya.

Dana yang dikover antara lain:

  1. Dana Pendidikan
    Dana SPP/Tuition Fee
    Dana Tunjangan Buku
    Dana Penelitian Tesis
    Dana Seminar Internasional
    Dana Publikasi Jurnal Internasional
  2. Dana Pendukung
    Dana Hidup Bulanan
    Dana Asuransi Kesehatan
    Dana Transportasi
    Dana keadaaan darurat (jika diperlukan)
    Dana Kedatangan
    Dana Aplikasi Visa

Syarat Pendaftaran

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Mendaftar program BPI Kerja Sama Metalurgi melalui laman LPDP
  3. Telah menyelesaikan studi pada program diploma empat (D4) atau sarjana (S1). Pendaftar diutamakan lulusan dari program studi bidang metalurgi, kimia, pengolahan mineral, teknik mesin, teknik elektro, geologi, dan bidang lainnya yang linear dengan program studi tujuan.
  4. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar.
  5. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister (S2) ataupun Doktor (S3) baik di perguruan tingi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.
  6. Melampirkan surat rekomendasi dari akademisi atau tokoh masyarakat yang diterbitkan pada tahun pendaftaran.
  7. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar per 31 Desember tahun pendaftaran paling tinggi berusia 35 (tiga puluh lima) tahun.
  8. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya (Diploma Empat/D4 atau Sarjana/S1) sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4,00 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
  9. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan:
    1. hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama.
    2. tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan konversi IPK pada laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama mengenai penyetaraan ijazah dan konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPKnya belum terbit. 
  10. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang diterbitkan paling lambat pada 2 (dua) tahun terakhir dari tahun pendaftaran beasiswa oleh ETS (www.ets.org), IELTS (www.ielts.org) atau atau Duolingo English Test (englishtest.duolingo.com) dengan ketentuan memiliki skor minimal kemampuan bahasa inggris TOEFL iBT® 80, IELTS™ 6.5 atau Duolingo Englist Test 80.
  11. Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran LPDP dengan keseluruhan poin-poin terlampir.
  12. Mengunggah Dokumen kontrak perjanjian mengenai kesediaan untuk bekerja di Industri Zhejiang Huayou Cobalt Co. Ltd di Indonesia selama 2 (dua) tahun yang telah ditandatangani oleh pendaftar diatas materai 10.000 sesuai format terlampir.
  13. Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.
  14. Mengisi riwayat publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non-kejuaraan, dan pengalaman organisasi pada aplikasi pendaftaran (jika ada).
  15. Pendaftar yang telah lulus Seleksi Substansi pada Program Kerja Sama Metalurgi NEU akan mendapatkan LoA Unconditional dari Northeastern University. Mekanisme pemberian LoA Unconditional selanjutnya akan diinformasikan pada saat pengumuman hasil Seleksi Substansi.
  16. Apabila pendaftar yang telah lulus seleksi substansi tidak mendapatkan LoA Unconditional dari NEU sebelum tanggal yang ditetapkan oleh LPDP, maka status sebagai Calon Penerima Beasiswa akan dicabut.

Cara mendaftar

  1. Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.
  3. Pastikan melakukan submit pada aplikasi pendaftaran sesuai dengan jadwal yang ditentukan untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.
KegiatanTanggal
Pendaftaran Beasiswa 26 Juli – 11 Agustus 2023
Seleksi Administrasi 14 – 16 Agustus 2023
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 22 Agustus 2023
Masa Sanggah 23 – 24 Agustus 2023
Pengumuman Hasil Sanggah 29 Agustus 2023
Seleksi Substansi 5 – 7 September 2023
Pengumuman Hasil Seleksi Substansi 12 Septemeber 2023
Penyampaian LoA Unconditional NEU kepada   LPDP 21 September 2023
Mulai Perkuliahan 8 Oktober 2023

Info lebih lanjut bisa dilihat di beasiswalpdp.kemenkeu.go.id