Home / Kabar Fakultas / Workshop Pengembangan Jurnal dan Repository FT UNDIP

Workshop Pengembangan Jurnal dan Repository FT UNDIP

Fakultas teknik (faculty of engineering) Universitas Diponegoro, Rabu 16 Maret 2016 telah dilaksanakan workshop Pengembangan Jurnal dan Repository yang bertempat di Ruang sidang Lantai 3 Dekanat Fakultas Teknik. Acara dibuka oleh Pembantu Dekan I Bapak Prof.Dr.Ir.Budiyono, M.Si selaku Ketua Panitia selanjutnya sambutan yang diberikan oleh Dekan Fakultas Taknik Bapak Ir.M.Agung Wibowo, MM, MSc, PhD. Pada sambutan yang disampaikan di workshop, Beliau menitikberatkan tiga poin yakni menumbuhkan kesadaran untuk meneliti yang harus di publikasi dengan melihat persaingan semakin ketat, mendorong semakin lebih banyak lagi jurnal yang dipublikasikan ke repository UNDIP dan selain publikasi jurnal juga bisa melaksanakan seminar bertaraf Internasional guna memperkenalkan Fakultas Teknik di mata dunia.

PicsArt_03-17-08.54.04[1]

Acara yang dihadiri oleh ketua dan sekretaris jurusan serta didamping pengelola jurnal menghadirkan Prof.Dr.rer.Nat. Heru Susanto, S.T., M.M.,M.T sebagai narasumber selaku ketua LPPM Universitas Diponegoro. Pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan tentang Strategi Pengambangan publikasi Ilmiah UNDIP dengan kemampuan yang harus di tunjang dan pengembangan penitian harus didukung dengan akses jurnal.” Hal dasar dalam penelitian yakni nyawa penilitian berupa data kemudian di publikasi kan” pungkas beliau.

Acara selanjutnya tentang Kebijakan Akreditasi Jurnal Online dan Teknik Akreditasi jurnal online oleh Dr.Lukman, ST, M.Hum yakni perwakilan dari LIPI. Beliau menyampaikan bahwa “jurnal saat ini yang penting secara online bukan cetak karena menghabiskan biaya lebih banyak”. Akreditasi terbitan berkala ilmiah dengan sistem akreditasi berbasis elektronik dengan nama Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna).

PicsArt_03-16-10.03.19[1]

Pengelolaan repository FT UNDIP dan Indexing Jurnal di Directory Open Access Journal (DOAJ) dan Scopus oleh oleh Dr. Istadi, S.T., M.T menyampaikan tentang repositori UNDIP sudah  berada di peringkat pertama versi Webometrics dan peringkat 98 pada bulan Januari 2016 serta cara penerbitan jurnal ke repositori UNDIP. Adapun Pengembangan profil jurusan/prodi di Google Scholar di Implementasi Digital Object Identifier (DOI) Jurnal di FT UNDIP oleh Prof.Dr.Ir.Budiyono, M.Si. Penghujung acara Dekan Fakultas Teknik menerbitkan Jurnal baru milik beliau.

 

About Desy -

Baca Juga..

PENGUMUMAN KEPADA CAMABA UM 2 UNDIP

Berdasarkan hasil seleksi UM 2 Universitas Diponegoro, perlu disampaikan beberapa hal/ pengumuman sebagai terlampir berikut. …

PENGUMUMAN: PENETAPAN PELAKSANAAN REGISTRASI ADMINISTRATIF MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMESTER GASAL TAHUN TAHUN AKADEMIK 2020/2021