Pilih Laman

Rabu, 20 Desember 2023 UPSDM (Unit Pengembangan Sumberdaya Manusia) Fakultas Teknik menyelenggarakan 2 kegiatan, yang sekaligus sebagai kegiatan penutupan akhir tahun. Adapun acara yang diselenggarakan oleh UPSDM Fakultas Teknik adalah Launching aplikasi Cuti-online dan Pelatihan Management Database Activities, acara ini dilaksanakan di Ruang Sidang Senat, Gedung Prof. Ir. Eko Budihardjo, MSc dan dihadiri Jajaran Petinggi Fakultas Teknik, Dosen, dan Tenaga Pendidik

Sambutan yang pertama dibuka oleh Ibu Narulita Santi, ST, M.Eng. selaku ketua acara. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, dengan adanya sistem cuti-online ini proses pengajuan cuti menjadi lebih sederhana, akan terintegrasi dari sistem kepegawaian dan pengelola, akses yang lebih fleksibel, data yang ada di kepegawaian terekam dengan baik  serta lebih aman dan rapi. Pegawai juga dapat mengakses dengan mudah. Pelatihan Manajement database activities menjadi penting di kalangan Dosen, tendik, PIC kegiatan dan Tim Kepanitiaan. Karena sistem pekerjaan sekarang telah bersifat kolaboratif secara online.

Kemudian sambutan yang kedua di buka oleh Dekan Fakultas Teknik Prof. Ir. Mochamad Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D. sekaligus membuka acara. Beliau menyampaikan bahwa tata Kelola yang baik menjadi dasar untuk mengelola fakultas ini, salah satunya adalah memberikan inovasi fasilitas cuti-online. Beliau juga berharap agar pelatihan manajement database activities ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi pegawai Fakultas Teknik Undip dalam meningkatkan kompetensi mereka.

Kemudian pemaparan materi yang disampaikan oleh Wakil Dekan 2 yang menerangkan bagaimana sistem pengambilan cuti. Dengan adanya aplikasi cuti online, diharapkan proses pengajuan cuti pegawai menjadi lebih efisien dan transparan. Adapun pemaparan selanjutnya di sampaikan oleh Bapak Fandi Ahmad Rizal, A.Md, selaku Pengelola Sistem dan Jaringan di Fakultas Teknik yg menjelaskan cara kerja dari aplikasi Cuti-Online

Kemudian acara selanjutnya yaitu Pelatihan Management Database Activities. Pada kesempatan ini dihadiri oleh Narasumber Ibu Mona Martinasari, S.T., M.M. Dalam pemaparannya, Narasumber menjelaskan tentang konsep dasar dalam manajemen database, pengenalan, desain, hingga pengelolaan. Beliau juga memaparkan teknik-teknik dalam aktivitas database, seperti inputan data, pengambilan data, dengan adanya pelatihan ini diharapkan pegawai dapat memanfaatkan database dengan lebih baik sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan menjadi lebih efektif, efisien sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan di Fakultas Teknik Undip.

Pemateri juga memberikan contoh-contoh kasus nyata yang sering terjadi dalam pekerjaan kepanitiaan dan aktivitas tendik dan dosen, serta memberikan solusi dan tips dalam mengatasinya. Ia juga mengajak peserta pelatihan untuk melakukan praktik langsung.