INFO BANDING UKT CAMABA SBUB 2021

Halo #CahTeknik!!

Ada informasi penting nih buat Camaba SBUB. Bagi teman – teman yang mau banding UKT bisa dilakukan di semester ini loh. Yuk simak lebih lanjut apa aja persyaratan banding UKT !!

???? Persyaratan Banding UKT

  1. Calon Mahasiswa Baru Angkatan 2021 Jalur SBUB

???? Berkas Banding UKT

  1. Surat Keterangan & Permohonan (https://ft.undip.ac.id/download/ Nomor 11, poin 2)
  2. Surat bukti /dokumen resmi sesuai kejadian yang dialami
  3. Surat pernyataan tidak sedang menunggu hasil ujian masuk perguruan tinggi lain (http://bit.ly/SuketTidakSedangMenungguHasilUjianPerguruanTinggiLain)
  4. FC rekening listrik
  5. Essay keadaan ekonomi (selengkap-lengkapnya, detail, format bebas)
  6. Pengajuan berkas dengan melakukan pengisian pada form berikut : http://bit.ly/PengajuanBandingUKTCamabaJalurSBUB dengan format file : Nama_Jurusan (Dijadikan 1 file PDF)

⏩ Info lebih lanjut mengenai Banding UKT :
http://bit.ly/TataCaraBandingUKTJalurSBUB

???? Deadline pengiriman berkas : 16 April 2021 pukul 23.59

Narahubung:
line.me/ti/p/~hadilhb- / https://wa.me/6282169296580 (Hadil)
line.me/ti/p/~210sarah /https://wa.me/6287879386912 (Sarah)

PENGUMUMAN: INFO BANDING UKT CAMABA SNMPTN 2021

PENGUMUMAN: INFO BANDING UKT CAMABA SNMPTN 2021

  • INFO BANDING UKT CAMABA SNMPTN 2021

Informasi penting untuk Camaba SNMPTN. Bagi teman – teman yang ingin mengajukan banding UKT bisa dilakukan di semester ini.

???? Persyaratan Banding UKT

  1. Calon Mahasiswa Baru (CAMABA) angkatan 2021 jalur SNMPTN

???? Berkas Banding UKT

  1. Surat Keterangan & Permohonan download Nomor 11, poin 2)
  2. Surat bukti /dokumen resmi sesuai kejadian yang dialami.
  3. Surat pernyataan tidak sedang menunggu hasil ujian masuk perguruan tinggi lain. Download_Hal_3
  4. FC rekening listrik
  5. Essay keadaan ekonomi (selengkap-lengkapnya, detail, format bebas)
  6. Pengajuan berkas dengan melakukan pengisian pada form berikut : link_berikut_ini dengan format file : Nama_Jurusan (Dijadikan 1 file PDF)

⏩ Info lebih lanjut mengenai Banding UKT :
Tata_Cara_Banding_UKT

???? Deadline pengiriman berkas : 09 April 2021 pukul 23.59

Narahubung:
line.me/ti/p/~hadilhb- / https://wa.me/6282169296580 (Hadil)
line.me/ti/p/~hvrmw / https://wa.me/6282285056183 (Hervina)
Sdri. Didien: WA 08122815066

PERPANJANGAN WAKTU PENDAFTARAN – JABATAN SENAT

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro akan melakukan pengunduran Jadwal Seleksi Pengisian Jabatan Ketua dan Sekretaris Senat Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Periode Tahun 2021 s.d 2026.

Adapun pengunduran jadwal Seleksi Pengisian Jabatan adalah sebagai berikut:

Daftar nama-nama yang memenuhi persyaratan untuk menjadi Bakal Calon Ketua dan Sekretaris Senat Fakultas Teknik tersebut adalah sebagai berikut:

Selanjutnya nama-nama tersebut dapat mencalonkan diri untuk dipilih sebagai Ketua atau Sekretaris Senat Fakultas Teknik Periode 2021-2026 dengan mengumpulkan berkas pendaftaran sebgai berikut:

  • Berkas yang dikumpulkan terdiri dari:
    • Surat keterangan sehat
    • Surat pernyataan bersedia sebagai Ketua atau Sekretaris Senat
    • Pas photo 4×6
    • Curriculum Vitae
    • Penyampaian Ringkasan Visi dan Misi sebagai Ketua atau Sekretaris Senat
  • Berkas dimasukkan ke dalam map dan ditulisi pilihan jabatan yang akan dituju. Contoh : Ketua Senat atau Sekretaris Senat (pilih salah satu) dan dikumpulkan di Subbag Keuangan dan Kepegawaian Fakultas Teknik.

download pengumuman lengkap pada tautan ini

PENGUMUMAN ALIH STATUS TENAGA KERJA KONTRAK MENJADI PEGAWAI UNDIP NON-ASN MEMBAWA ENERGI POSITIF UNTUK FT

PENGUMUMAN ALIH STATUS TENAGA KERJA KONTRAK MENJADI PEGAWAI UNDIP NON-ASN MEMBAWA ENERGI POSITIF UNTUK FT

(17/3) Semarang – Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Rabu pagi, raut wajah sumringah terlihat terpancar dari para Tenaga Kependidikan di lingkungan Fakultas Teknik. Pasalnya, pengumuman Penentuan Peserta Lolos Tahap Akhir Seleksi Terbatas Alih Status Tenaga Kerja Kontrak Menjadi Pegawai Universitas Diponegoro Non Aparatur Sipil Negara (PU NON-ASN) Untuk Formasi Tenaga Kependidikan (Tendik) Tahun 2021 telah diumumkan.

Manajer Tata Usaha Fakultas Teknik Ari Eko Widyantoro, ST.,M.Si  ketika ditemui mengatakan turut bahagia mengetahui kabar baik ini. Menurutnya, pengumuman alih status tenaga kerja kontrak menjadi pegawai tetap Undip (PU NON-ASN) membawa suasana positif di Fakultas. Para staf terlihat lebih bersemangat dan nampak raut wajah bahagia.

Foto: Manajer Tata Usaha FT Ari Eko Widyantoro, ST.,MSi

“Proses alih status pada tahun 2021 ini sangat ketat, pegawai yang dinyatakan lolos telah melewati 4 (empat)  tahapan seleksi yang terdiri dari seleksi administratif, tes kemampuan dasar, tes kemampuan bidang & wawancara. Tercatat sedikitnya 198 orang dinyatakan lolos. Selain itu, Fakultas juga harus menghadapi kenyataan bahwa ada sebagian pegawai yang melamar pada posisi yang berbeda dari posisi yang mereka tempati sekarang. Hal ini pastinya menjadi tantangan bagi kami selaku pimpinan karena harus menambal-sulam posisi yang kosong”, tutur Ari.

Foto: Mona Martinasari, ST.,MM

Mona Martinasari, ST.,MM anggota Tim Penjamin Mutu Fakultas Teknik (TPM-FT) sekaligus pegawai yang dinyatakan lolos pada seleksi kali ini mengungkapkan rasa syukurnya yang tiada terkira. Ibu 3 anak yang mengawali karir di Undip sebagai tenaga kontrak sejak tahun 2010 itu merasa lega karena akhirnya bisa diangkat menjadi pegawai tetap. Pada proses seleksi kali ini ia melamar pada posisi yang berbeda dari posisi sebelumnya yaitu dari TPM-FT ke BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia). Hal tersebut menuntut dirinya untuk segera beradaptasi dan memahami etos kerja pada posisi baru nantinya.

Foto: Prihantini, ST.,MT (kiri), Farida Nuzulia, SE (kanan)

Hal senada juga dialami oleh Prihantini, ST.,MT & Farida Nuzulia, SE keduanya akan menempati posisi baru di unit masing-masing. Mbak Tini begitu sapaan akrabnya yang sebelumnya bertugas sebagai seorang Pengelola Jurnal di Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik akan bergabung di Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) Undip. Sementara Farida yang sebelumnya bertugas di Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik (UPPM-FT) akan menjalani peran barunya sebagai Pengadministrasi Kemahasiswaan dan Alumni.

Foto: Dani Ristyawati, S.S

Perasaan sukacita juga diungkapkan oleh Sekretaris Dekan Fakultas Teknik Dani Ristyawati, SS. yang juga dinyatakan lolos seleksi. “Ini adalah momen bahagia bercampur haru. Senang karena setelah 11 tahun pada akhirnya bisa menjadi bagian dari Undip seutuhnya tanpa harus khawatir untuk memperbaharui kontrak setiap tahun. Tapi disisi lain juga ada perasaan sedih karena mengetahui sebagian rekannya sesama tenaga kerja kontrak belum berhasil mendapatkan peruntungan”. Ia mengaku adem-ayem karena tidak lagi harus beradaptasi dengan pekerjaan baru jika dibandingkan rekan sejawatnya yang lain, imbuh alumni Sastra Inggris Undip itu.

Foto: Andi Supratikno, SE

Melamar pada posisi yang sama dengan pekerjaan sebelumnya juga dilakukan oleh Andi Supratikno, SE. Staff Penyusun Laporan Keuangan di Fakultas Teknik sejak tahun 2011 ini menyambut bahagia kabar baik tersebut. Ia mengungkapkan alih status ini merupakan bukti bahwa Undip juga memperhatikan jenjang karir para pegawainya. Harapannya kedepan, dengan adanya alih status dapat membuat pegawai menjadi lebih bertanggung jawab serta berdedikasi terhadap institusi. Sementara itu, menanggapi rekan-rekannya yang belum lolos seleksi, Andi berpesan bahwa ”bekal untuk mengikuti proses seleksi harus matang, belajar dan berlatih untuk menghadapi proses seleksi merupakan kunci keberhasilannya. Selain itu, jangan pernah putus asa, semangat untuk berhasil lulus harus tetap dijaga, jangan patah semangat & jangan menyerah hanya karena gagal dalam satu kali percobaan”. Mengutip pernyataan Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama, M.Hum proses seleksi alih status dari pegawai kontrak menjadi pegawai tetap rencananya akan diadakan 2 kali setiap tahun. (Mardian)

PERTAHANKAN SERTIFIKASI ISO 9001:2015, FT TEGASKAN MILIKI KUALITAS MUTU BERSTANDAR INTERNASIONAL DITENGAH PANDEMI

PERTAHANKAN SERTIFIKASI ISO 9001:2015, FT TEGASKAN MILIKI KUALITAS MUTU BERSTANDAR INTERNASIONAL DITENGAH PANDEMI

(10/3) Semarang – Awal tahun 2021 Fakultas Teknik Universitas Diponegoro kembali membuktikan kualitas pelayanan dan mutu organisasi dengan mendapatkan sertifikasi International Organization for Standarization  (ISO 9001:2015) yang pernah didapatkan pada tahun 2019 yang lalu. FT dinilai oleh Tim Audit Eksternal TUV Rheinland pada 9-10 Maret 2021. Penilaian dilakukan secara daring ditengah pandemi. Penilaian meliputi kualitas pelayanan mutu di 12 departemen, sistem akademik dan perkuliahan selama masa pandemi, proses bisnis, hingga fasilitas yang ada di lingkungan fakultas seperti perpustakaan & laboratorium.

Ketua Tim Audit Eksternal Dr. Suliswiyadi mengatakan bahwa secara keseluruhan FT memiliki komitmen yang tinggi untuk menerapkan sistem manajemen ISO 9001:2015. Hal ini dibuktikan dengan komitmen pimpinan Fakultas Teknik sangat tinggi dalam mengimplementasikan ZI WBK (Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi), mencetak Guru Besar (Profesor) dengan hasil yang cukup signifikan yaitu 38 orang, serapan anggaran yang mencapai > 90%, jumlah publikasi internasional (jurnal: 135, prosiding: 214), serta memiliki 34 prestasi (10 di tingkat internasional dan 24 di tingkat nasional). Dengan hasil yang cukup baik tersebut maka FT layak menyandang sertifikasi ISO 9001:2015.

Menanggapi prestasi ini, Dekan Fakultas Teknik Prof. Ir. Moch. Agung Wibowo mengucapkan rasa syukurnya dan berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kesukesan ini. Beliau mengatakan, “Matur nuwun atas dukungan Bapak dan Ibu semua, Bapak-Bapak Wakil Dekan, Ketua Departemen, Ketua Prodi, Team TPMF, Team GPM, serta Mas Manajer dan Bapak dan Ibu Supervisor, serta Bapak dan Ibu Staf Admin, semoga kerjakeras ini menjadi budaya di Fakultas untuk selalu melakukan perbaikan secara berkelanjutan/continuous improvement sebagai rasa syukur untuk menjadi yang terbaik, Amin”.

Perlu diketahui bahwa ISO 9001:2015 adalah sistem standar manajemen mutu internasional yang dirancang untuk membantu organisasi dalam memastikan bahwa organisasi dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan stakeholdernya serta dapat memenuhi persyaratan Perundangan, hukum dan peraturan yang terkait dengan produk atau jasanya. ISO 9001: 2015 adalah standar terbaru dari Sistem Manajemen Mutu ini,  dan “2015” adalah  tahun revisi terbaru dari sistem Manajemen Mutu itu. (Mardian)

Tangkapan Layar: Sesi audit eksternal FT Undip – TUV Rheinland via Zoom

PENGUMUMAN PENGISIAN JABATAN KETUA DAN SEKRETARIS SENAT PERIODE 2021 s.d 2026 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro akan mengadakan Seleksi Pengisian Jabatan Ketua dan Sekretaris Senat Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Periode Tahun 2021 s.d 2026. Ketentuan dan tata cara pengisian jabatan sesuai dengan Peraturan Rektor Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Senat Fakultas/Sekolah Vokasi di Lingkungan Universitas Diponegoro yang diperbaharusi dengan Peraturan Rektor Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Rektor Universitas Diponegoro Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Senat Fakultas/Sekolah Vokasi Di Lingkungan Universitas Diponegoro.

Pengumuman dan Persyaratan lebih lengkap dapat diunduh melalui tautan berikut.

Download template surat pernyataan dan curriculum vitae

Pengumuman Cetak KTM & Atribut Mahasiswa Baru 2021

Pengumuman Cetak KTM & Atribut Mahasiswa Baru 2021

Pengumuman

Terkait cetak Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Asli dan atribut mahasiswa baru Tahun Akademik
2020/2021, dengan ini kami sampaikan hal – hal sebagai berikut:
1. Mahasiswa diharap menyiapkan file foto setengah badan untuk cetak KTM dengan ketentuan:

a. Mengenakan jas atau baju berkerah (warna bebas)
b. Background warna merah
c. File dalam format .jpg
d. Resolusi minimal 480 x 640 pixel, perbandingan 3:4 dan besar file maksimal 500 KB
e. Harus berorientasi portrait

2. File foto sebagaimana angka 1 di atas, diunggah di portal https://regonline.undip.ac.id menu
Upload Berkas > Foto selambatnya tanggal 12 Maret 2021

3. Petugas akan melakukan proses cetak KTM pada tanggal 15 s.d. 19 Maret 2021

4. KTM yang telah dicetak akan dikirimkan ke Fakultas/ Sekolah terkait pada tanggal 24 Maret
2021

5. Mekanisme penyerahan KTM Asli dan atribut kepada mahasiswa dapat dikoordinasikan dengan
masing – masing Manager Tata Usaha/ Supervisor Akademik dan Kemahasiswaan
Fakultas/Sekolah

FAKULTAS TEKNIK DAN TOYOTA BEKERJASAMA MEMBANGUN LABORATORIUM TERPADU

FAKULTAS TEKNIK DAN TOYOTA BEKERJASAMA MEMBANGUN LABORATORIUM TERPADU

(21/2) Fakultas Teknik Universitas Diponegoro kali ini jajaki potensi kerjasama dengan perusahaan otomotif raksasa yaitu PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMIIN). Pertemuan antara pimpinan Fakultas dan TMMIN diadakan Senin sore melalui aplikasi MS-Teams. Fakultas diwakili oleh Dekan FT Prof. Ir. Moch. Agung Wibowo, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. nat. tech. Siswo Sumardiono, MT, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Dr. Abdul Syakur, ST., MT. dan Koordinator Program Kerjasama FT Dr. Gunawan Dwi Hariyadi, MT. Sedangkan pihak TMMIN diwakili oleh Bp. Syaefudin Juhri (EAD), Bp. F. Sales S (PED), dan Bp Nur Hana Wijaya (EAD).

Adanya pertemuan ini dilatarbelakangi oleh rencana pembangunan Integrated Laboratory FT sebagai fasilitas penunjang kegiatan perkuliahan dan penelitian. Dalam hal ini Fakultas mengharapkan peran dari industri otomotif untuk ikut berkontribusi dalam memajukan Pendidikan di Indonesia. Selain itu, adanya Integrated Lab FT ini dimasa yang akan datang akan mampu meningkatkan skill dan kompetensi mahasiswa. Konsep Integrated Lab FT direncanakan mengedepankan aspek K3 (ISO:45001) dengan peralatan yang cukup memadai sehingga dapat dimanfaatkan oleh berbagai macam departemen seperti Departemen Teknik Mesin, Departemen Teknik Elektro, Departemen Teknik Perkapalan, Departemen Teknik Industri, dan Departemen Teknik Kimia.

Disisi lain, FT dan TMIIN juga mengharapakan fasilitas ini nantinya juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat untuk mengembangkan UMKM di Indonesia terutama di Jawa Tengah. Pada akhir acara, kedua belah pihak sepakat untuk terus mengawal kerjasama ini sehingga dapat berjalan sesuai rencana. (Mardian)