Pilih Laman

Selasa, 18 April 2023, Fakultas Teknik Undip terus menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu institusi pendidikan unggulan bidang Teknik di Indonesia. Baru-baru ini, Fakultas Teknik Undip menduduki peringkat 5 untuk Perguruan Tinggi Teknik terbaik di Indonesia menurut Edurank.org.

Edurank.org merupakan lembaga pemeringkatan independen yang menggunakan data dari indeks publikasi ilmiah dan sitasi sebagai dasar dari penentuan peringkatnya. Pada tahun ini, Fakultas Teknik Undip berhasil berada di posisi lima besar di Indonesia dan menduduki peringkat ke 628 di Asia untuk perguruan tinggi di kategori Teknik.

Tidak hanya itu, beberapa jurusan di Fakultas Teknik juga mendapatkan capaian yang cukup membanggakan. Fakultas Teknik Undip menjadi fakultas dengan Teknik Lingkungan terbaik di Indonesia, di mana Teknik Lingkungan di Fakultas Teknik Undip menduduki peringkat 1. Lalu untuk Teknik Transportasi, Fakultas Teknik menduduki peringkat 2 terbaik se Indonesia. Dan untuk Teknik Struktur serta Teknik Mesin menduduki peringkat 3 terbaik se Indonesia.

Peringkat Fakultas Teknik Undip dalam Edurank untuk kategori Teknik

Pencapaian yang mengesankan ini disambut baik oleh bapak Dekan, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D. Menurut beliau, capaian sebagai peringkat kelima perguruan tinggi teknik terbaik di Indonesia ini merupakan sesuatu yang sudah sangat luar biasa. Bagi beliau, peringkat FT Undip ini berkaitan dengan peringkat Undip sebagai universitas nomor satu dalam kategori Graduate Employability di Indonesia. Sebagai fakultas yang berada di universitas nomor satu, sudah selayaknya Fakultas Teknik bisa menunjukkan kualitasnya dalam bersaing dengan perguruan tinggi teknik lainnya yang berusia lebih tua dan lebih lama berkiprah di dunia pendidikan teknik.

Prof. Agung berpesan bahwa Fakultas Teknik harus terus bergerak demi menjaga nama baik ini. Bagi beliau, Fakultas Teknik kini bisa mencapai posisi ini karena tatakelola yang baik dan sumber daya manusia yang kuat dan handal. “Mari kita terus bergerak, terus menjaga marwah dari Fakultas Teknik ini,” ujar Prof. Agung.

Semoga dengan capaian ini, Fakultas Teknik bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan risetnya sehingga bisa menjadi perguruan tinggi teknik terbaik di Indonesia.