Home / Kabar Fakultas / DOSEN FT CIPTAKAN ROBOT PEMBANTU TENAGA MEDIS

DOSEN FT CIPTAKAN ROBOT PEMBANTU TENAGA MEDIS

Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahwa banyak tenaga pengajar di Fakultas Teknik terus berinovasi dan berkreasi walaupun di masa pandemi covid 19 ini.

Ya. Beliau adalah Dr. Rifky Ismail, salah satu staf pengajar di Departemen Teknik Mesin. Di tengah kesibukan beliau sebagai staf pengajar sekaligus juga sebagai peneliti di Pusat Unggulan Iptek  Perguruan Tinggi (PUI PT) Teknologi Kesehatan Center for Bio Mechanics, Bio Material, Bio Mechatronics, and Bio Signal Processing (CBIOM3S), bersama tim lain menciptakan inovasi dengan membuat robot untuk membantu tenaga medis dalam merawat pasien COVID 19.

Robot ini dapat mengurangi kontak antara tenaga medis (dokter dan perawat) dengan pasien COVID 19 sehingga bisa mengurangi kemungkinan penularan virus kepada tenaga medis. Fungsi robot adalah untuk mengantar obat, makanan dan keperluan lainnya ke pasien, untuk komunikasi antara pasien dan perawat. Juga sebagai sarana untuk komunikasi video call antara pasien dengan keluarga menggunakan aplikasi. Juga membantu perawat dan dokter memeriksa pasien. Untuk keperluan di atas, maka robot  dilengkapi dengan rak untuk membawa  makanan, minuman, obat dan pakaian serta keperluan lainnya kepada pasien yang sedag dirawat di ruangan. Robot ini dibandrol dengan biaya produksi 30-50 juta/ buah dan memungkinkan untuk diproduksi secara massal.

Selain robot pembantu tenaga medis juga ada tangan robot dan karya-karya lain hasil inovasi dari Pak Rifky dan tim. Beliau juga banyak menelurkan karya dibidang otomotif, seperti mobil listrik yang telah banyak menjuarai berbagai kompetisi. Wah…hebat ya, ga salah kalo anak bimbingan beliau banyak yang sukses dan berhasil di bidangnya.

Jadi….kira-kira siapa nama robot terbaru hasil inovasi Pak Rifky ini ya…? Tetap terus berkarya, tetap terus berinovasi meski ditengah pandemi. Teknik….Jaya!!!

About farida farida

Baca Juga..

FT APRESIASI KINERJA TIM CLEANING SERVICE FAKULTAS

Foto: Dekan FT memberikan reward kepada Tim CS didampingi oleh WDII FT (paling kiri) dan …

RISET DOSEN DENGAN DANA HIBAH FT TEMBUS JURNAL BEREPUTASI TINGGI

Penelitian yang didanai Fakultas Teknik pada tahun 2019 tentang pemanfaatan citra satelit sentinel 2-A untuk …