Home / Kabar Fakultas / DOSEN FT CIPTAKAN KAPAL UNTUK MEMBANTU NELAYAN

DOSEN FT CIPTAKAN KAPAL UNTUK MEMBANTU NELAYAN

Baru-baru ini, Dosen Teknik Perkapalan, Dr. Eng Deddy Chrismianto, ST, MT telah selesai melakukan penelitiannya dalam inovasi di dunia perkapalan. Adalah kapal Katamaran dan Kapal PVC ukuran mini telah  diserahkan  ke Fakultas Teknik  melalui Departemen Teknik  Perkapalan sebagai  aset  tetap  dari  hasil penelitian yang dibiayai oleh Kemeristek Dikti dengan skema Penelitian  Terapan  Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) tahun 2017-2019.

Kedua kapal tersebut baik  Kapal Katamaran dan Kapal PVC merupakan luaran penelitian PTUPT yang diketuai oleh  Dr. Eng Deddy Chrismianto, ST, MT.  Kapal  Katamaran yang dibuat dirancang dengan alat tangkap ikan multigear dimana dalam dalam satu kapal bisa dipasang lebih dari satu alat tangkap yang bertujuan  untuk menjawab  kebutuhan nelayan dimana jika berganti musim tidak bisa melaut karena ikan yang ditangkap berganti dan alat tangkapnya pun berubah.  Sedangkan Kapal PVC yang dihasilkan sebagai luaran merupakan pengembangan dari Kapal PVC pertama “Baruna Fishtama” yang dibuat oleh galangan kapal Barokah Marine Pekalongan. Dimana Kapal PVC yang dihasilkan mempunyai bentuk lambung yang lebih streamline sehingga mengurangi hambatan kapal yang akhirnya bertujuan untuk efisiensi bahan bakar.

Pada saat seatrial yang dilakukan di waduk Pandanaran, kedua kapal tersebut baik Kapal Katamaran maupun Kapal PVC menunjukkan performa  yang baik dari segi stabilitas, olah gerak dan manuver.

Pak Deddy dan tim riset telah membuat inovasi dan memberikan kontribusi kepada para nelayan. Semoga, hasil penelitian ini berguna dan bermanfaat sehingga dapat menjadi salah satu solusi bagi para nelayan.

About farida farida

Baca Juga..

PENGUMUMAN KEPADA CAMABA UM 2 UNDIP

Berdasarkan hasil seleksi UM 2 Universitas Diponegoro, perlu disampaikan beberapa hal/ pengumuman sebagai terlampir berikut. …

PENGUMUMAN: PENETAPAN PELAKSANAAN REGISTRASI ADMINISTRATIF MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMESTER GASAL TAHUN TAHUN AKADEMIK 2020/2021