Pada hari Rabu yang lalu, 5 Oktober 2022, Fakultas Teknik resmi melepas Tim Antawirya untuk berlaga di dua event bergengsi diantaranya Shell Eco Marathon yang diadakan di sirkuit International Mandalika pada tanggal 11 – 15 Oktober 2022 dan Kontes Mobil Hemat Energy yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang sesuai agenda akan dilaksanakan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober – 4 November mendatang.

sekilas profil ANTAWIRYA

Seperti yang kita ketahui, bahwa Tim Antawirya ini dibentuk pada tahun 2013 oleh Divisi Workshop Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Pada perjalanannya, Tim Antawirya telah menjuarai berbagai kompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dan sebagai wujud komitmen Fakultas Teknik mendorong mahasiswa untuk terus berprestasi, maka acara pelepasan Tim Antawirya adalah salah satu upaya dukungan nyata dari FT untuk hadir sebagai support system bagi Tim Antawirya. Acara Pelepasan Tim Antawirya diadakan di Selasar Lantai 1 Gedung Dekanat Fakultas Teknik Universitas Diponegoro dengan dihadiri berbagai tamu.

Dekan FT didampingi Direktur Kemahasiswaan, Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan serta Manajer Kemahasiswaan juga Tim Antawirya, secara resmi melepas Tim Antawirya untuk berlaga

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini. Tim Antawirya merupakan salah satu role model organisasi yang juga berperan aktif dalam menorehkan berbagai prestasi. Beliau menambahkan, “Belajar harus dikombinasikan dengan berlomba, mengemangkan hobi, dan meningkatkan softskill. Ada banyak cara untuk mengasahnya, salah satunya melalui Tim Antawirya. Terima kasih Tim Antawirya telah sabar dan tetap terus semangat untuk menjadikan Undip semakin berkibar. Terima kasih telah berkontribusi.”

Pemakaian jaket Tim secara simbolis

Salah satu tamu yang hadir beliau adalah Ibu Hanifa Maher Denny, S.KM., MPH., Ph.D. yang merupakan Direktur Direktorat Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Diponegoro. Pada sambutannya, beliau menyampaikan bahwa become a part of Diponegoro University You cannot just say what I can get, but you must say what can I give. Selanjutnya beliau menambahkan bahwa Tim Antawirya tetap terus memberikan kontribusi terhadap universitas dan pentingnya untuk mengikuti aturan, birokrasi, akuntabilitas, mengenai pengajuan dana, tidak boleh langsung disetujui, permohonan dana bukannya dipersulit, namun harus mengikuti aturannya sendiri. Kewajiban institusi (dalam hal ini UNDIP) adalah memotivasi tim yang akan berlomba dan segala yang terjadi harus tetap terus di apresiasi dan disyukuri.

reportase by Farida Nuzulia, 2022