Sabtu, 20 Juli 2024, Departemen PWK Undip menyelenggarakan acara Sarasehan Purna Tugas Prof. Dr. Ir. Nany Yuliastuti, MSP. Acara ini digelar di Ruang B.201, Gedung B Lantai 2, Departemen PWK Undip.

Sarasehan ini digelar sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian yang telah dilakukan oleh salah satu Guru Besar yang dimiliki oleh Departemen PWK Undip, yaitu Prof. Dr. Ir. Nany Yuliastuti. Beliau akan menjalani masa purna tugasnya di tahun ini setelah 42 tahun berkarya di Universitas Diponegoro.

Dalam sarasehan ini, turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang sekaligus Ketua Alumni MPWK Undip, Ir. Izswar Aminuddin, M.T; Rektor Universitas Dian Nuswantoro, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom; serta beberapa tamu penting lainnya.

Prof. Nany sendiri merupakan salah satu akademisi yang cukup banyak berjasa bagi Universitas Diponegoro maupun bagi Indonesia. Sebagai Guru Besar di bidang Ilmu Perancangan Wilayah dan Kota, beliau sering terlibat dalam berbagai penelitian dan publikasi ilmiah, terutama yang berkaitan dengan tata kota dan kampung berkelanjutan. Selain itu, beliau juga tercatat sebagai Sekretaris Program Studi pertama dari Departemen PWK Undip, serta pernah menjabat sebagai Wakil Dekan II Fakultas Teknik Undip selama dua periode.

Prof. Nany juga banyak memberikan kontribusi berharga bagi Kota Semarang. Salah satunya adalah dengan terlibat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Pembangunan Kota Semarang. Beliau juga merupakan anggota Tim Profesi Ahli Dinas Tata Ruang Kota Semarang.

Dalam sarasehan ini, Prof. Dr. Ir. Nany Yuliastuti, MSP memaparkan materi berjudul “Kampung Kota Berkelanjutan”. Kepala Bappeda Kota Medan, Benny Iskandar S.T., M.T. dan Hari Adi Agus Setiawan, S.T., M.T. ditunjuk sebagai panelis

Ir. Izswar Aminuddin, M.T, Sekda Kota Semarang, mengapresiasi sumbangsih yang Prof Nany telah berikan kepada Kota Semarang. Sebagai mitra pendidikan, Undip banyak berjasa dalam membangun Kota Semarang. “Undip sudah banyak memberikan sesuatu hal yang begitu berharga bagi Kota Semarang. Saya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk Prof Nany atas dedikasi dan pengabdian yang sangat luar biasa, terutama bagi almamater Undip, juga bagi Pemkot Semarang,” tutur beliau.

Di sarasehan ini, Prof. Nany memberikan materi dengan judul “Kampung Kota Berkelanjutan”. Dalam paparannya, beliau menjelaskan tentang pentingnya tata kelola yang baik dari pemerintah untuk menjamin kualitas lingkungan yang baik dan ketahanan dalam menghadapi bencana. Hal ini dapat memengaruhi keberlanjutan kampung dan kearifan lokalnya di tengah pembangunan kota yang masif.

“Keberlanjutan kampung kota perlu diperhatikan karena merupakan unsur utama dari permukiman kota – kota di Indonesia,” tukas Prof. Nany dalam materinya.

Terima kasih, Prof Nany!