Sebagai masyarakat yang hidup di negara tropis, cuaca hujan maupun panas yang ekstrem dapat mempengaruhi kualitas tempat tinggal dan kenyamanan dari penghuninya.  Maka dari itu, kita perlu bijak dalam memilih tempat tinggal yang sesuai.

Dalam Dialog Kentongan Pro 1 RRI Semarang tanggal 28 Februari 2024, Dr. Ir. Eddy Prianto, CES, DEA, Dosen Arsitektur Undip menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih rumah.

Pertimbangan pertama adalah terkait lokasi. Bagi beliau, kita perlu mengetahui apakah di lokasi tersebut terdapat fasilitas-fasilitas yang bisa diakses dengan mudah, semisal jalan raya. “Yang pertama, kita harus tahu lokasinya. Artinya, lokasinya itu ada di mana? Sedangkan lokasi itu kita bisa mempertimbangkan apakah di situ fasilitasnya tersedia? Apakah dia dekat dengan fasilitas lainnya? Atau kita ingin rumah itu dekat dengan jalan raya?” terang beliau.

Pertimbangan berikutnya terkait dengan tipe rumah dan fasilitasnya. Tipe rumah menentukan kapasitas dan fasilitas yang akan didapatkan. Untuk memilih tipe rumah yang sesuai, kita perlu memerhatikan kemampuan finansial, jumlah tanggungan, serta jumlah aset yang ingin dimasukkan ke dalam rumah.

Pertimbangan terakhir adalah legalitas dari properti tersebut. Beliau mengingatkan untuk selalu berhati-hati ketika membeli rumah atau properti. Jangan sampai properti yang dibeli malah menimbulkan masalah ke depannya. “Yang terakhir, kalau kita ingin beli rumah jadi, periksa legalitas dari propertinya. Jangan sampai setelah kita bayar uang muka ternyata bermasalah.”

Eddy juga menambahkan, ada setidaknya lima aspek yang perlu dicermati ketika membangun rumah. Kelima aspek tersebut antara lain adalah jalan, halaman, bangunan, interior, dan perilaku. Dengan memperhatikan lima aspek ini, maka masyarakat bisa mengelola tempat tinggalnya dengan lebih baik. “Jadi bangunan itu perlu dirawat. Perawatan ini tidak hanya musim hujan, musim panas pun juga perlu,” ucap beliau.

Eddy menyarankan kepada masyarakat untuk rutin melakukan pengecekan dan perawatan rutin terhadap lima aspek di atas untuk menjaga agar rumah tetap aman, nyaman, sehat, serta awet. “Ketika musim hujan ini kita tahu kesehatan rumah kita. Apakah kondisinya itu sudah cukup sakit, artinya perlu diperbaiki, atau masih sehat. Kalau bocornya banyak, harus mulai dikurangi agar tidak tambah bocor.”