Pilih Laman

(19/2) Semarang – Menyambut tahun kerja 2021, ada beberapa perubahan dalam struktur kepengurusan Tim Penjaminan Mutu Fakultas Teknik (TPM-FT). Selain karena adanya regenerasi, juga karena kebutuhan yang sangat penting dan mendesak dalam rangka meningkatkan mutu dan prestasi fakultas dalam memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) Renstra dan IKU PTNBH. Untuk mencapai visi Fakultas Teknik yaitu menjadi Fakultas yang unggul berbasis riset di tingkat internasional pada tahun 2024, sehingga fakultas Teknik menjadi champion, dan leading di tingkat internasional, oleh karena itu harus dapat bekerja sama secara team, semoga bisa bekerja sama dengan baik dalam rangka memberikan kualitas layanan terbaik pada stakeholder. Hal itu dikatakan oleh Dekan, Prof. M. Agung Wibowo dalam sambutan Rapat Koordinasi Awal Tim Penjaminan Mutu Fakultas Teknik pada hari Jumat, 19 Februari 2021 secara Online. Tim Penjaminan Mutu ini diharapkan terus bergerak dalam rangka meningkatkan prestasi dan mutu layanan fakultas, sehingga kalaupun sampai nantinya berlelah-lelah, semoga itu menjadi amal ibadah kita semua.

Sementara itu Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Abdul Syakur menyampaikan bahwa dalam susunan kepengurusan Tim Penjaminan Mutu FT tahun 2021 masih tetap dengan ketua Dr. Nanik Utami Handayani, S.Si., MT. dengan Sekretaris Mada Sopianingrum, ST. MT. M.Sc. Ada tambahan 5 unit baru yaitu :

  1. Unit Akreditasi Jurnal Ilmiah, Dr. Anang Wahu Sejati, ST. MT.
  2. Unit Data dan Pemeringkatan, Dr. Yasser Wahyuddin, ST. MT. M.Sc.
  3. Unit Akreditasi Laboratorium, Dr-Ing. Ir. Silviana, ST. MT.
  4. Unit K3, Dr. A.A.S. Manik Mahacandra J.M. ST. M.Sc.
  5. Unit Konservasi Energi dan Air, Karnoto, ST. MT.

Unit Akreditasi Jurnal Ilmiah ini merupakan hasil meleburkan dua unit yaitu unit Jurnal Teknik dan Unit Jurnal Pengabdian. Unit Akreditasi Jurnal Ilmiah ini menjadi cikal bakal Engineering Press dimana dalam program awalnya selain koordinasi dengan pengelola jurnal yang ada di Fakultas Teknik, juga untuk meningkatkan agar menjadi jurnal yang terakreditasi dan lebih jauh lagi untuk mengaktifkan dosen-dosen dalam hal penulisan karya ilmiah, termasuk buku ajar.

Unit lama yang berganti nama yaitu dari unit Sistem Informasi Fakultas Teknik (SIFT) berubah menjadi Tim E-Learning dan Jaringan (EL-Jari) koordinator Agung Budi P, ST. M.IT., Ph.D dengan tambahan tugas mengelola ruang Multimedia di lantai 4 Dekanat Fakultas Teknik. Selama ini SIFT sudah bekerja dengan Koordinator Adnan Fauzi, ST. M.Kom untuk menangani web di semua departemen termasuk juga jaringan untuk menunjang kelancaran akses internet. Unit yang tetap namanya yaitu Sistem Penjaminan Mutu, Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM), dan Unit Pengelola Kerjasama (UPKS), Dr.Eng Gunawan, ST.MT. Sementara unit Kantor Urusan Internasional mendapatkan tugas tambahan juga sebagai Humas.

Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, Siswo Sumardiono menambahkan bahwa TPM-FT saat ini menjadi sebuah struktur besar, dimana hal ini untuk mengakomodir seluruh kegiatan di Fakultas Teknik dan untuk melakukan manuver-manuver untuk pencapaian 60 IKU Renstra karena beban FT akan semakin berat dimana bebannya bertambah sebesar 20%. Sementara untuk IKU PTNBH ini akan berdampak pada pendanaan BPPPTNBH (dulu BOPTN UNDIP). Saat ini yang masih harus dikerjakan dengan kerja keras adalah penngisian Tracer Study yang membutuhkan perhatian cukup besar.

Tim Penjaminan Mutu Fakultas Teknik juga juga mendapatkan tambahan staf yaitu Mardian Ramaji, Prihantini dan Lis Setyowati. Selama ini staf yang telah membantu secara aktif yaitu Mona Martinasari, Farida Nur Hadini Nuzulia, Wenti Arum Widasari, dan Yuni Nurjanah.