Jumat, 2 Desember 2022, Fakultas Teknik menerima kunjungan studi banding dari Fakultas Teknik Udayana. Acara tersebut berlangsung di Ruang Teater Lt.4 Gedung Dekanat, acara ini dihadiri oleh Dekan dan WAkil Dekan Fakultas Teknik Undip serta Wakil Dekan Umum dan Keuangan, Fakultas Teknik, Udayana Dr. Ir. I Ketut Gede Sugita, MT bersama jajaran. Udayana memandang perlu dilakukan kunjungan studi banding ini karena Fakultas Teknik Universitas Diponegoro sudah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Acara ini diawali oleh sambutan yang di sampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik Prof. M. Agung Wibowo M.M., M.Sc., Ph.,D. Adapun dalam sambutan tersebut Dekan menyampaikan bahwa Fakultas Teknik cukup berkembang dalam melaksanakan Kerjasama. Fakultas Teknik terdiri 47 Guru Besar di antara 330 Dosen sehingga sudah memenuhi 10% jumlah guru besar sesuai target dari Universitas. Sementara itu Fakultas Teknik terdiri dari 12 Departemen dan 25 Progam Studi yaitu , 12 program S1 ,8 program S2,  4 program S3 dan 1 Program Profesi. Fakultas Teknik tersebut memiliki Departemen Teknik Sipil, Departemen Arsitektur, Departemen Teknik Kimia, Departemen Teknik Mesin, Departemen Teknik Elektro, Departemen Perencanaan Wilayah Dan Kota, Departemen Teknik Lingkungan, Departemen Teknik Industri, Departemen Teknik Perkapalan, Departemen Teknik Geologi, Departemen Teknik Geodasi, Departemen Teknik Komputer.

Program S1 sudah terakreditasi internasional semua, ucap beliau dalam sambutannya. Dekan menyampaikan yang sudah terakreditasi internasional, untuk program S2 ada Magister PWK dan Magister Arsitektur. Untuk program S3 yaitu Program Doktor Arsitektur dan Perkotaan. Visi Fakultas Teknik yaitu menjadi Fakultas yang Unggul di Tingkat Internasional Berbasis Riset pada Tahun 2024.

Setelah sambutan Dekan Fakultas Teknik acara dilanjutkan dengan Prakata dari Fakultas Teknik Udayana yang disampaikan langsung oleh Wakil Dekan Umum dan Keuangan, Dr.Ir.I Ketut Gede. Dalam Prakatannya beliau menyampaikan terimakasih kepada Fakultas Teknik Universitas Diponegoro  telah menerima rombongan dari Universitas Udayana untuk belajar dan berkolaborasi demi terciptanya Fakultas Teknik Udayana  menuju Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Wakil Dekan dalam prakatanya menyampaikan banyak belajar apa yang dilakukan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, hal yang boleh di adopsi dan modifikasi serta menggali untuk pengembangan dan penyesuaikan diri di Fakultas Teknik Universitas Udayana menuju Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

Studi banding ini juga membahas mengenai akreditasi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Udayana memandang perlu dilakukan kunjungan studi banding ini karena Fakultas Teknik Universitas Diponegoro sudah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum, sehingga perlu mengadopsi dan belajar dari Fakultas Teknik Universitas diponegoro, yang  nantinnya dapat di aplikasikan di Fakultas Teknik Udayana. Dekan mengatakan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro sudah terstruktur organisasinnya, surat menyurat sudah berbasis online, inovasi terus menerus dilakukan bagi pegawai di Fakultas Teknik seperti Pelatihan Bahasa Inggris, Pelatihan MC dan lain sebagainnya untuk menciptakan pegawai yang berkompeten dan berkualitas

Dalam presentasinya  Dekan  Fakultas Teknik menyampaikan bahwa Universitas Diponegoro mendapatkan peringkat pertama QS Graduate Employability terkait lulusannya yang mampu diserap di dunia kerja tahun 2021 dan 2022  sehingga mampu mencapi di angka 88%. ISO 17025 terkait Laboratorium sudah diraih pada tahun 2021, kemudian ISO 45001 terkait  K3 di tahun 2020, Dalam presentasinya Universitas Diponegoro sudah memiliki sistem SSO yang mengakomodasi sistem yang ada di Universitas Diponegoro mulai dari Sistem Penelitian, Sistem Informasi Akademik, Sistem Informasi Pajak, Sistem Informasi Kerjasama, dan lain sebaginya. Universitas Diponegoro masih terus meningkatkan akreditasi seperti BANPT, LAM Teknik, LAM Infokom dan menargetkan  pada tahun 2023 masuk dalam 3 besar Perguruan Tinggi Negeri Badan  Hukum

Dilanjutkan penutupan berupa pemberian Cindera Mata yang diberikan oleh Fakultas Teknik Universitas Diponegoro kepada Fakultas Teknik Universitas Udayana, dan diharapkan studi banding ini bisa bermanfaat untuk Universitas Udayana menuju Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.