Pentingnya Gizi Seimbang Dalam Menunjang Produktivitas Kerja Pegawai di Lingkungan Fakultas Teknik Undip.

(3/9) Semarang. Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu menjamin kehidupan yang sehat, perlu adanya pendekatan preventif dan promotif serta pemberdayaan keluarga dan masyarakat dalam bidang kesehatan. Salah satu bentuk upaya pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan adalah menumbuh kembangkan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang salah satunya adalah Posyandu.

Dari hasil diskusi, dalam lingkungan Fakultas Teknik Undip, saat belum memiliki wadah untuk pengelolaan masalah Kesehatan pegawai.  Posyandu pegawai dirasakan sebagai kebutuhan yang krusial untuk menjaga status kesehatan pegawai di lingkungan FT Undip. Berdasarkan kebutuhan tersebut maka perlu kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang diusung oleh Tim Dosen berjumlah 4 orang dari Fakultas Kedokteran Undip untuk  memfasilitasi pembentukan Posyandu Pegawai ini.  

Rangkaian kegiatan pembentukan posyandu FT meliputi : pembekalan materi gizi dan Kesehatan selama sebulan, praktik penggunaan alat antropometri, alat pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol dan asam urat dengan alat portable, uji ketrampilan penghitungan asupan makan serta skill edukasi peer group. Dalam melaksanakan posyandu ini, diperlukan tenaga kesehatan dan kader posyandu. Kader posyandu berasal dari civitas pegawai FT Undip yang berasal dari unsur dosen dan tendik. Dan telah bergabung sejumlah 50 orang calon kader Posyandu FT ini.

Kegiatan pelatihan kader pertemuan pertama dilaksanakan pada Jumat, 3 September 2021 yang dilaksanakan melalui zoom meeting, diikuti oleh peserta yang berasal dari perwakilan masing-masing departemen Fakultas Teknik Undip. Materi yang disampaikan adalah pembekalan materi latar belakang terbentuknya posyandu FT dan edukasi gizi seimbang dalam menunjang produktivitas kerja yang disampaikan oleh ketua pelaksana pengabdian masyarakat dari FK Undip yaitu Dr. Etika Ratna Noer, S.Gz., M.Si.

Dengan pemberian edukasi mengenai gizi seimbang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja, absensi kerja, prestasi kerja dan kemampuan kerja pada pegawai FT Undip. Setelah penyampaian materi juga terdapat tanya jawab berdasarkan materi yang telah disampaikan. Acara ditutup dengan adanya diskusi antara tim pengabdian masyarakat dan tim mitra, yang diwakiliki oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik Undip yaitu Bapak Dr. Abdul Syakur, ST, MT. yang menyampaikan feedback dan harapan yang baik dengan terselenggaranya pembentukan posyandu FT Undip.

Tim Pengabdian FK Undip :

  1. Dr. Etika Ratna Noer, S.Gz, M.Si  (ketua)
  2. Deny Yudi Fitranti, S.Gz, M.Si
  3. Hartanti Sandi W., S.Gz, M.Gizi
  4. Ayu Rahadiyanti, S.Gz, MPH 
  5. Dr. dr. I. Edward KSL, M.Si,Med, MM, MHKes, SpPK
Tangkapan Layar: Zoom Meeting Sosialisasi Posyandu FT (1)
Tangkapan Layar: Zoom Meeting Sosialisasi Posyandu FT (2)