Home / Kabar Fakultas / Pengiriman Tim Mahasiswa UNDIP untuk Twente International Model United Nations di Belanda

Pengiriman Tim Mahasiswa UNDIP untuk Twente International Model United Nations di Belanda

Setelah beberapa kali mengirimkan mahasiswanya ke ajang Model United Nations, Universitas Diponegoro kembali melepas delegasinya untuk mengikuti acara serupa yaitu Twente International Model United Nations (TIMUN).

Model United Nations sendiri merupakan simulasi akademik bagi siswa dari seluruh dunia. Di sini pemuda-pemudi memiliki posisi sebagai wakil negara atau organisasi untuk mensimulasikan debat di Model United Nations. Dalam beberapa hari dilaksanakannya negosiasi dan diskusi dengan setiap delegasi yang mewakili kepentingan atau permasalahan negara-negara yang aktual dan berusaha untuk mencapai solusi umum yang cocok untuk semua kepentingan setiap negara.

Sedangkan Twente International Model United Nations (TIMUN) adalah simulasi konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang akan dilaksanakan di lingkungan kampus University of Twente, Enschede, Belanda. Acara yang akan diselenggarakan dari tanggal 5-11 Juni 2011 ini merupakan Model United Nations pertama yang akan diadakan oleh Twente United Nations Association bekerjasama dengan University of Twente dan  International Office of the University of Twente. Tujuan konferensi ini adalah untuk memberikan pengalaman bagi delegasi yang berpartisipasi dalam politik internasional dan memberikan gambaran mengenai bagaimana cara kerja dari United Nations.

Suatu kehormatan bagi delegasi Universitas Diponegoro yaitu Misbah Pulung Khabibi (Teknik Arsitektur), Stefhanie Ariyanto (Teknik Arsitektur), dan Veronica Diah Pancarani (Teknik Arsitektur) dapat menjadi bagian dari acara yang akan pertama kali diadakan di kampus University of Twente, Enschede, Belanda tersebut.

Dalam simulasi sidang United Nations ini delegasi dari Universitas Diponegoro akan berada dalam satu komite yaitu United Nations Development Program (UNDP) dan akan merepresentasikan negara-negara seperti Jepang, India, dan Rwanda. Dalam komite ini delegasi akan membahas isu-isu antara lain tentang efek krisis financial global terhadap pembangunan dan tentang perjuangan dalam memerangi HIV/ AIDS.

Dengan ikut berpartisipasi dalam ajang yang bertaraf internasional seperti ini diharapkan dapat menjadikan Universitas Diponegoro sejajar dengan universitas-universitas terbaik yang ada di dunia. Selain itu dapat menjadi langkah awal bagi Universitas Diponegoro untuk menjalin hubungan kerjasama dengan universitas penyelenggara atau pun universitas-universitas yang berpartisipasi dalam acara ini.

 

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

PENGUMUMAN KEPADA CAMABA UM 2 UNDIP

Berdasarkan hasil seleksi UM 2 Universitas Diponegoro, perlu disampaikan beberapa hal/ pengumuman sebagai terlampir berikut. …

PENGUMUMAN: PENETAPAN PELAKSANAAN REGISTRASI ADMINISTRATIF MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMESTER GASAL TAHUN TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Leave a Reply