Pilih Laman

Jumat, 20 Januari 2023, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro melaksanakan acara pembekalan  untuk para calon wisudawan Fakultas Teknik periode ke-169. Acara pembekalan ini ditujukan untuk memberikan  pengetahuan kepada para wisudawan apa saja yang harus dipersiapkan setelah mereka lulus. Dalam acara ini, ada 3 pemateri yang mengisi yaitu Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr.nat.tech. Siswo Sumardiono, S.T., M.T., Center Director English First Semarang, Riska Kurnia, dan Direktur Operasional III PT Waskita Karya sekaligus Alumni Teknik Sipil Undip, Warjo S,T, MBA.

Acara ini dibuka dengan sambutan yang di sampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD. Dalam sambutannya, beliau menegaskan mengenai bagaimana kehidupan setelah lulus adalah seperti kompetisi. Para calon wisudawan diharapkan untuk mempersiapkan diri dengan beragam keterampilan agar bisa memenangkan kompetisi tersebut. Dekan Fakultas Teknik menekankan pentingnya ketekunan, kepercayaan diri, dan kemampuan untuk mempresentasikan keahlian agar para pemberi kerja bisa tertarik dan mau merekrut para tenaga kerja baru tersebut.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD, ketika memberikan sambutan dan motivasi kepada para calon wisudawan

Acara kemudian dilanjutkan dengan temu wicara yang mempertemukan ketiga pembicara di atas. Pembicara pertama yaitu Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. nat. tech. Siswo Sumardiono, S.T., M.T mempresentasikan tentang kualitas dari Fakultas Teknik Undip yang dapat menjamin kesuksesan dari para calon wisudawan kelak ketika mendaftar pekerjaan. Beliau menegaskan, segala bentuk raihan prestasi seperti akreditasi dan standar kerja yang sudah dicapai oleh Fakultas Teknik menjadi jaminan bagi para pemberi kerja untuk tidak ragu dengan kualitas lulusan dari Fakultas Teknik Undip.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. nat. tech. Siswo Sumardiono, S.T., M.T, meyakinkan para wisudawan untuk tidak perlu mengkhawatirkan kualitas dari Fakultas Teknik Undip

Pembicara kedua, yaitu Direktur Operasional III PT Waskita Karya, Warjo, S.T, M.B.A, menyampaikan pentingnya manajemen waktu. Bagi beliau, kunci kesuksesan adalah manajemen waktu. Jika kita bisa disiplin, maka kita bisa membentuk karakter pemimpin yang lebih unggul. Hal semacam itulah yang sekarang dicari oleh para pemberi kerja di bursa kerja.

Direktur Operasional III PT Waskita Karya, Warjo, S.T, M.B.A, membagikan pengalamannya selama bekerja sebagai Alumni Teknik Sipil Undip

Center Director English First Semarang, Riska Kurnia, sebagai pembicara ketiga menyampaikan pentingnya calon wisudawan untuk mempersiapkan CV mereka dengan baik. Di dunia kerja, CV merupakan hal penting karena itu menjelaskan dengan singkat kemampuan apa saja yang kita sudah kuasai dan seberapa sesuaikah kemampuan kita dengan lowongan kerja yang kita lamar.

Foto bersama para calon wisudawan Fakultas Teknik Undip periode ke-169 dengan para pembicara

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para peserta pembekalan cukup antusias dalam memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan masa depan mereka setelah lulus dari Fakultas Teknik. Setelah sesi tanya jawab selesai, acara kemudian ditutup dengan pemberian souvenir dan foto bersama.