Antusiasme dari para mahasiswa Fakultas Teknik sangat besar saat Fakultas Teknik membuka pendaftaran Training Sertifikasi K3 dan ISO Internasional. Sebanyak 270 peserta yang lolos dalam pemberkasan mengikuti pelatihan pada 19 – 23 September 2022 di Gedung Engineering Hall, Lantai 5, Dekanat, Fakultas Teknik. Dalam acara ini, peserta diwajibkan untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang diadakan oleh PT Wealthindo Putraramesti Perkasa.

Pada hari pertama, 19 September 2022, pelatihan ini diadakan secara online dengan pemberian materi K3 Konstruksi oleh Ir. Tjoek Oedowo, MH selaku Professional HSE and Process. Dalam pemaparan materinya, Ir. Tjoek Oedowo menyampaikan pentingnya K3 dalam sektor konstruksi. Setelah itu, dilanjutkan dengan agenda pre-test untuk melihat sejauh mana para peserta sudah memahami materi yang disampaikan, seperti Job Safety Analysis, Working at Height, dan Accident Report. Materi K3 Konstruksi selanjutnya dibawakan oleh Trisno Pambudi, ST selaku Pengawas Konstruksi dan Bangungan, Disnaker Provinsi Jateng. Dilanjutkan dengan pre-test kedua dengan materi UU No 1/1970, Permen AK3 Konstruksi, Standard Scaffolding/Perancah.

Pada hari kedua, 20 September 2022, pelatihan dilanjutkan dengan tema K3 Kimia untuk mempelajari pentingnya K3 dalam sektor yang berhubungan dengan bahan kimia. Pemaparan materi pada sesi ini disampaikan oleh Ir. Yushadi Pane, MM selaku Professional Process/HSE, yang mana beberapa materi yang disampaikan diantaranya pengenalan Bahan Kimia Berbahaya, Risk Management, Emergency Response, MSDS dan Klasifikasi BKB, Safe Work Permit, Accident Investigation.

Setelah K3, pembelajaran ISO Internasional diadakan pada hari ketiga. ISO Internasional yang dipelajari, antara lain ISO 9001; ISO 14001; ISO 45001. Untuk memperdalam pemahaman, materi ISO ini dibawakan oleh Ir. Tjoek Oedowo, MH dengan beberapa pembahasan, diantaranya Awareness ISO 9001; ISO 14001; ISO 45001, Manajemen Risiko, Policy and Procedure(s), Matriks Klausal ISO, dan Internal Audit ISO(s). Setelah itu, para peserta melakukan ujian praktik audit ke departemen yang ada di Fakultas Teknik dan mempresentasikan hasil praktik audit mereka di akhir acara.

Peserta Melakukan Presentasi

Respon positif dari kegiatan ini didapatkan dari para peserta yang merasa mendapatkan banyak ilmu mengenai K3 dan ISO Internasional. Dengan adanya acara ini, diharapkan banyak mahasiswa Fakultas Teknik, Undip memiliki wawasan luas mengenai K3 dan ISO Internasional.