Pilih Laman

Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro, Silviana Rosanti, menyusun infografis terkait monografi dari Desa Keditan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Silviana, yang tergabung dalam Tim I KKN Universitas Diponegoro Desa Keditan, menyerahkan secara simbolis infografis tersebut kepada perangkat Desa Keditan pada Jumat, 2 Februari 2024, di Balai Desa Keditan.

Monografi sendiri merupakan hasil penelitian yang luas dan mendetail terhadap satu topik atau subjek menggunakan berbagai pendekatan keilmuan. Biasanya, monografi berisi data-data statistik umum terkait subjek yang diteliti. Menurut Silviana, visualisasi terhadap data monografi dapat menjadi alat komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi secara jelas dan menarik kepada masyarakat. Sehingga, inisiatif ini merupakan langkah awal yang penting untuk mendukung tercapaianya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di tingkat desa.

Silviana menambahkan, pembuatan visualisasi data monografi ini dimulai dengan pengumpulan data yang bersumber dari Pemerintah Desa Keditan. Data yang berisi statistik, kondisi geografis, dan identitas unik di Desa Keditan itu kemudian diubah ke dalam kumpulan angka dalam tabel. Selanjutnya, data-data monografi itu diubah menjadi infografis menarik yang mudah dipahami oleh masyarakat umum.

Infografis data monografi Desa Keditan karya Silviana Rosanti

Muhamat Nasir Achmadi, Seksi  Penyediaan Data dan Dokumen Kependudukan Desa Keditan, mengapresiasi karya dari mahasiswa peserta Tim I KKN Undip T.A. 2023/2024 ini. Bagi beliau, adanya visualisasi data ini sangat membantu masyarakat dalam memahami kondisi dan potensi di Desa Keditan. “Visualisasi ini sangat membantu dalam memahami kondisi serta potensi yang dimiliki oleh Desa Keditan,” ujar beliau.

Harapannya, visualisasi data monografi ini nantinya tidak hanya berfungsi sebagai dokumen statistik saja, tapi juga sebagai instrumen untuk pengembangan desa. Melalui pemahaman yang menyeluruh terhadap potensi dan tantangan yang ada di desa, pihak Desa Keditan bisa merumuskan kebijakan yang lebih efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penulis: Silviana Rosanti

Reviewer: Prof. Dr. Hermin Pancasakti Kusumaringrum., S.Si., M.Si

Editor: M. Rusmul Khandiq