Pilih Laman

(3/5) Semarang – Fakultas Teknik Universitas Diponegoro bersama dengan UTM (University Technology Malaysia) menyelenggarakan workshop dan training OBE (Outcome-Based Education). OBE atau Pembelajaran Berorientasi Luaran merupakan metode pembelajaran yang memiliki fokus pada luaran yaitu capaian pembelajaran. Berbeda dengan metode pembelajaran tradisional yang menekankan pada proses belajar mengajar, OBE lebih menekankan pada hasil pembelajaran. OBE mengutamakan capaian pembelajaran yang harus dipenuhi oleh aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai keadaan sosial, ekonomi, dan budaya akademik.

Acara ini diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 19-22 April 2021. Keynote speaker dalam acara ini adalah Prof. Dr. Khairiyah (Director of Centre Engineering Education) UTM Malaysia. Peserta mendapatkan materi mengenai pentingnya OBE dalam sistem pendidikan saat ini. Membedakan metode pendidikan konvensional dan OBE. Proses pengembangan PEO, PLO dan CLO yang efektif, dan untuk mengidentifikasi pemetaan yang sesuai di antara keduanya. Dan berbagai macam hal teknis terkait pembelajaran OBE.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. Moch. Agung Wibowo menyambut baik acara ini, beliau menyamapaikan bahwa inovasi di dunia akademik atapun pengajaran harus senantiasa diperbaharui. Dengan adanya workshop ini diharapkan para pengajar di lingkungan FT dapat mengimplementasikan sistem OBE dengan baik. (Mardian)

Tangkapan Layar: Peserta OBE Seri IV (FT UNDIP – UTM Malaysia)