Pilih Laman

(28/1) Semarang, – Awal tahun 2021 ini Fakultas Teknik Universitas Diponegoro membuka prestasi baru dengan diraihnya sertifikasi K3 ISO 45001:2018. Perolehan prestasi ini membuktikan komitmen Fakultas Teknik untuk terus meningkatkan kualitas mutu sistem pendidikan di mana K3 merupakan salah komponen penting dalam dunia pendidikan. Perlu diketahui ISO 45001:2018 adalah standar internasional yang menetapkan standard atau persyaratan untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Sistem Manajemen K3 (SMK3) menjadi panduan bagi penggunanya, yang memungkinkan suatu organisasi untuk proaktif meningkatkan kinerja SMK3 dalam mencegah kecelakaan, sakit dan penyakit akibat kerja.

Acara yang diselenggarakan di Gedung Dekanat Baru Lt.4 Fakultas Teknik Undip, dimulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Dihadiri oleh Prof. Ir. Moch. Agung Wibowo, Ph.D selaku Dekan Fakultas Teknik, Dr. nat. tech. Siswo Sumardiono selaku Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Abdul Syakur, ST., MT. selaku Wakil Dekan Sumber Daya, Ir. Tjoek Oedowo, MH selaku Direktur di PT Wealthindo Putrapramesti Perkasa (Konsultan Sertifikasi K3), Dr. Manik Mahacandra selaku PIC K3 Fakultas Teknik dan para Ketua Departemen FT.

Penyerahan sertifikat ISO 45001:2018 dilakukan oleh Ir. Tjoek Oedowo, MH selaku konsultan K3 kepada Dekan Fakultas Teknik. Selanjutnya Dekan Fakultas Teknik menyerahkan sertifikat ISO 45001:2018 kepada para Ketua Departemen dan dilanjutkan penandatanganan Komitmen untuk menjalankan K3 ini secara optimal di masing-masing Departmen. Usai penyerahan sertifikat K3 kepada Ketua Departemen dilanjutkan dengan paparan materi Rencana Strategis dan Program Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang mengenai pelaksanaan K3 di Fakultas Teknik oleh Wakil Dekan Sumbedaya, Abdul Syakur.

Selain itu, acara ini juga merupakan sarana uji coba dan sosialiasi penggunaan Smart Class Room, karena kegiatan dilaksanakan di Ruang Smart Theatre lantai 4 yang merupakan fasilitas terbaru andalan Fakultas Teknik. Kedepan diharapakan Smart Class Room ini dapat dijadikan fasilitas pendukung untuk memaksimalkan kegiatan perkuliahan dan menunjang kegiatan-kegiatan lain terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dapat disiarkan secara langsung melalui media sosial. (Mardian).

Penyerahan sertifikat K3 dan penandatanganan komitmen K3 oleh pimpinan Fakultas dan para Ketua Departemen.