Pilih Laman

Dalam rangka meningkatkan kualitas penjaminan mutu, Fakultas Teknik melakukan migrasi dari perolehan ISO 9001 menuju ke ISO 21001. Audit Eksternal ISO 21001:2018 dilaksanakan pada hari Senin, 19-23 Desember 2022 di Engineering Hall Gedung Dekanat Lantai 5. Pertemuan dilaksanakan secara luring dan di hadiri oleh Pimpinan Fakultas Teknik, Kepala Departemen dan Kepala Program Studi S1, S2, S3 dan Provesi, TPMF, dan Gugus Penjaminan Mutu.

Acara diawali dengan pembacaan Safety Induction dan menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk meningkatkan rasa nasionalisme kepada seluruh peserta yang hadir

Acara yang pertama adalah sambutan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik Prof. M. Agung Wibowo M.M., M.Sc., Ph.D. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa ISO 21001:2018 lebih memfokuskan pada dunia pendidikan, dimana manajemen mutu menjadi backbone dari tata kelola Fakultas Teknik. Dekan berharap seluruh elemen tetap semangat di tengah kesibukan ujian semester. Fakultas Teknik pada tahun 2022 sudah melakukan hampir 11kali akreditasi baik yang Internasional maupun Nasional, dari Asesor atau Evaluator. Hampir semua memberikan komentar Alhamdullilah Fakultas Teknik sudah melakukan manajemen mutu dengan memakai standar Internasional. SPMI jelas, PEPP ada, PDCA juga ada. Dalam hal ini Dekan juga menyampaikan bahwa semua memang membutuhkan proses yang tidak instan begitu pula dengan ISO 21001:2018.

Selanjutnya sambutan yang di sampaikan oleh Auditor Renatha Hutapea, ada beberapa rangkaian apakah Fakultas Teknik bisa mendapatkan sertifikat ini atau perlu adanya verifikasi terlebih dahulu, apakah sudah sesuai ataukah belum,  maka rekomendasi bisa diberikan dari SGS Indonesia terhadap  penerapan ISO 21001: 2018 yang dilakukan oleh Fakultas Teknik. Masa berlakunya sertifikasi adalah 3 tahun jadi nanti setiap 3 tahun akan di lakukan renewal dan setiap tahun dilakukan surveillance visit. Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Bapak Wakil Dekan 1 Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr.nat.tech. Siswo Sumardiono, ST., MT. Beliau menyampaikan sebagian dari kita mungkin masih bingung terkait audit eksternal ISO itu apa? Karena memang saat pandemi tidak ada Audit Ekstrernal ISO dan sekarang FT sedang bermigrasi ke ISO 21001.

Fakultas Teknik disamping akreditasi ISO ini juga sedang finalisasi LED/LKPS dua Program Studi yaitu S2 Teknik Sipil dan S3 Teknik Mesin, Wakil Dekan 1 menyampaikan rileks saja dalam menyikapi perubahan ini sehingga tidak terasa menjadi sebuah beban.

Beberapa testimoni menyampaikan bahwa yang tim penilai akreditasi sangat senang dengan dokumen LED FT dan mereka menyampaikan LED FT sangat bagus, sangat mudah dibaca dan poin-poinnya jelas. Wakil Dekan 1 juga menyampaikan bahwa yang saat ini dicanangkan adalah bagaimana meng-integrasikan antara PPEPP dengan SPMI ini sedang disiapkan sistemnya. Pada bulan Januari bisa launching PPEPP menjadi sangat mutlak untuk akreditasi apalagi LAM Infokom. Targetnya di bulan Januari bisa submit 2 prodi S1Teknik Komputer,  S3 Teknik Mesin  dan juga S2 Teknik  Sipil. Wakil Dekan 1 yakin prodi ini akan menjadi prodi yang unggul  tergantung bagaiamana mengolah data ini menjadi sesuatu yang menarik.

Fakultas Teknik memperoleh ISO 9001:2015 pada periode sebelumnnya  yaitu di tahun 2016. Selanjutnya mendapatkan ISO 45001 mengenai K3 dan ISO 17025 mengenai akreditasi laboratorium. Dalam rangka bermigrasi dari ISO 9001:2015 menjadi 21001: 2018 terkait dengan sistem manajemen pendidikan, proses-proses yang sudah dilalui yaitu mulai dari awareness, pelatihan auditor, penyusunan dokumen mutu, menjalankan audit internal untuk seluruh unit  yangada di seluruh fakultas teknik dan juga rapat tinjauan manjemen dan sekarang audit eksternal oleh SGS untuk mendapatkan  ISO 21001.Fakultas Teknik menjadi rujukan penjaminan mutu pada fakultas di UNDIP. Seluruh dokumen sudah terdokumentasi pada  https://tpm.ft.undip.ac.id/dokumen-mutu/. Audit ISO harapannya bisa menopang, dan bisa memberikan tambahan  efiden bagi Fakultas Teknik  saat akreditasi BAN-PT, akreditasi LAM, dan Akreditasi  Internasional.

Acara terakhir ditutup dengan foto bersama jajaran pimpinan Fakultas Teknik, Kepala Departemen, Kepala Program Studi S1, S2,S3 dan Profesi, TPM Fakultas, dan Gugus Penjaminan Mutu.