(17/9) Semarang – Jumat pagi, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro menyambut “Assessment Lapangan Akreditasi S2 Teknik Lingkungan”. Acara ini dilakukan secara daring pada 17-18 September 2021. Hadir Rektor Undip, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dekan FT, Para Wakil Dekan, Tim Penjamin Mutu Fakultas Teknik (TPMFT), Kepala Departemen Teknik Lingkungan, dan Kepala Program Studi S2 Teknik Lingkungan. Sementara Assesor dari BAN-PT yaitu Prof. Dr. Ignasius Loyola Setyawan Purnama, M.Si. (UGM) dan Prof. Barti Setiani Muntalif, Ph.D. (ITB).

Tangkapan Layar: Pidato Sambutan Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, M.Hum

Rektor Undip dalam sambutannya mengatakan, pihaknya dari waktu ke waktu selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan, baik itu terhadap mahasiswa maupun mitra bisnis. Sejak ditetapkan menjadi PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum) pada tahun 2017, maka Undip memiliki tanggung jawab dan otoritas penuh untuk mengelola seluruh keuangannya secara mandiri. Ia menambahkan bahwa status tersebut disatu sisi sangat membanggakan, namun disisi lain tanggung jawab yang diberikan juga semakin besar. Oleh karena itu, untuk terus bersaing dengan PTN lain bahkan Universitas Top Dunia lainnya, maka peningkatan infrastruktur maupun SDM harus dilakukan. Pemberian scholarship terhadap Dosen dan Staff  serta pembangunan Laboratorium Terpadu adalah salah satu tindakan nyata dari implementasi status PTN-BH tersebut.

Terkait dengan Akreditasi, Prof Yos menyampaikan jika kompetisi diantara instititusi pendidikan tinggi saat ini tidak hanya terpaku pada nama besar saja. Undip yang telah berdiri sejak tahun 1950an dan menjadi salah satu perguruan tinggi terbesar di Indonesia mau tidak mau juga harus bisa membuktikan kualitasnya. Hal ini penting tidak hanya bagi Universitas tetapi juga bagi para mahasiswa dimana persyaratan untuk memasuki dunia kerja diindikasikan dengan adanya akreditasi ditempat mereka pernah menempuh pendidikan. Sementara untuk S2 Teknik Lingkungan, assessment akreditasi ini merupakan yang pertama dilakukan sejak dibentuk pada tahun 2019.

Perlu diketahui akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. Dalam hal ini BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi) adalah lembaga yang memiliki kewenangan tersebut. Hasil penilaian untuk akreditasi perguruan tinggi adalah berupa huruf, dimulai dari A, disusul B, dan juga C. Namun penilaian model huruf tersebut mengalami perubahan sejak tahun 2020, Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 Pasal 1 Nomor 8 menyebutkan bahwa penilaian akreditasi akan bermodel Unggul, Baik Sekali dan Baik atau Tidak Terkareditasi. (Mardian)

Tangkapan Layar: Peserta Assessment Lapangan Akeditasi S2 Teknik Lingkungan Undip 2021 (1)
Tangkapan Layar: Peserta Assessment Lapangan Akeditasi S2 Teknik Lingkungan Undip 2021 (2)