Fakultas Teknik Undip kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah keilmuan internasional. 8 akademisi Undip berhasil tercatat sebagai 2% Ilmuan Teratas Dunia (World Top 2% Scientists) menurut Stanford University dan Elsevier, dengan 7 diantaranya berasal dari Fakultas Teknik

Daftar 2% ilmuwan teratas dunia ini disusun tiap tahunnya oleh Stanford University dan Elsevier. Pemeringkatan ini didasarkan pada “jumlah sitasi, h-index, hm-index yang sudah disesuaikan dengan tingkat co-authorship, sitasi terhadap karya dengan posisi penulis yang berbeda, serta indikator gabungan (c-score)”. Dari hasil pemeringkatan tersebut, ada lebih dari 100.000 peneliti yang termasuk sebagai 2% ilmuwan teratas di seluruh dunia.

Dalam daftar ilmuwan teratas yang diterbitkan pada Agustus 2024, ada 7 akademisi Fakultas Teknik yang tercatat sebagai bagian dari 2% ilmuwan teratas dunia. 7 akademisi tersebut antara lain sebagai berikut:

    1. Prof. Dr. Ir. Hadiyanto, S.T, M.Sc, IPU
      Peringkat 57.173 dunia

      Bidang kepakaran: Bioproses dan Energi
      Prof. Hadiyanto merupakan salah satu guru besar yang mengajar di Departemen Teknik Kimia UNDIP. Sebagai salah satu pakar di bidang bioteknologi, penelitian beliau banyak berkutat dalam bidang pengelolaan sumber daya air dan energi terbarukan. Saat ini beliau aktif meneliti di Center of Biomass and Renewable Energy (CBIORE) Undip serta menjadi editor-in-chief di Journal of Bioresources and Environmental Sciences (JBES) Undip.
    2. Prof. Dr.rer.nat.Heru Susanto, S.T, M.M, M.T
      Peringkat 142.790 dunia
      Bidang kepakaran : Teknologi Membran
      Prof. Heru Susanto adalah guru besar dari Departemen Teknik Kimia Undip. Sebagai guru besar di bidang teknologi membran, penelitian beliau banyak berkutat dalam bidang pemanfaatan dan pengembangan teknologi membran dan polimer. Selain menjadi guru besar, saat ini beliau juga menjabat sebagai Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Diponegoro untuk periode 2024-2029.
    3. Prof. Dr. Jamari, S.T, M.T, IPU
      Peringkat 144.634 dunia
      Bidang kepakaran : Tribologi dan Engineering Design
      Prof. Jamari merupakan guru besar dari Departemen Teknik Mesin Undip. Sebagai guru besar, beliau aktif mengajar di beberapa matakuliah terkait konstruksi, seperti Mekanika Kekuatan Bahan, Mekanika Kontak, dan Tribologi. Selain menjadi guru besar di bidang tribologi dan engineering design, Prof. Jamari juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro untuk periode 2024-2029.
    4. Prof. Ir. Tutuk Djoko Kusworo, S.T, M.Eng., Ph.D
      Peringkat 162.212 dunia
      Bidang kepakaran : Teknologi Membran
      Prof. Tutuk Djoko Kusworo adalah guru besar dari Departemen Teknik Kimia Undip. Sebagai peneliti, Prof. Tutuk sudah diakui secara internasional sebagai salah satu ahli di bidang teknologi membran untuk air, pengolahan air limbah, pemisahan gas, dan produksi tabung nano karbon. Selain itu, beliau juga menjadi editor-in-chief dari The International Journal Of Science and Engineering, Jurnal Internasional untuk Sumber Daya limbah dan Teknologi limbah. Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Senat Akademik Fakultas Teknik Undip.
    5. Prof. Dr. Ir. Andri Cahyo Kumoro, S.T, M.T, IPU, ASEAN Eng.
      Peringkat 174.045 dunia
      Bidang kepakaran : Pemrosesan Hasil Pertanian
      Prof.Andri Cahyo Kumoro merupakan salah satu guru besar yang mengabdi di Departemen Teknik Kimia Undip. Sebagai peneliti, beliau banyak meneliti terkait pengembangan teknologi pemrosesan hasil pangan, pengolahan limbah industri, dan permodelan sistem teknik kimia. Saat ini, beliau menjadi editor-in-chief dari Jurnal Reaktor Departemen Teknik Kimia Undip dan editor di Jurnal Rekayasa Proses Departemen Teknik Kimia UGM.
    6. Dr.Eng. Achmad Widodo, S.T, M.T
      Peringkat 242.283 dunia
      Bidang kepakaran : Diagnosis dan Prognosis Mesin
      Achmad Widodo merupakan dosen yang bekerja di Departemen Teknik Mesin Undip. Beliau banyak meneliti di bidang sistem pembelajaran mesin dalam diagnosis dan prognosis kesalahan mesin. Saat ini, beliau aktif mengajar di beberapa matakuliah di Departemen Teknik Mesin Undip, seperti Matematika Teknik, Analisis Teknik, Getaran Mekanik, Kinematika dan Dinamika, dan Proses Optimasi.
    7. Muhammad Imam Amarullah, S.T, M.T
      Peringkat 149.634 dunia
      Muhammad Imam Amarullah merupakan mahasiswa S3 Teknik Mesin Undip. Penelitian beliau banyak berkutat di bidang tribologi dan biomekanika. Saat ini beliau aktif meneliti di Undip Biomechanic Engineering and Research Centre (UBM-ERC). Laboratorium Undip yang berfokus pada penelitian di bidang biomekanika.

    Dengan capaian ini, Fakultas Teknik Undip menunjukkan bahwa mereka sudah siap untuk bersaing di level global sesuai dengan visinya sebagai kampus berbasis riset berstandar internasional.