Fakultas Teknik Undip kembali bangga. Mahasiswa Arsitektur Undip, Khansa Aulia Ekaputri, berhasil mendapatkan penghargaan Poster Favorit dalam ajang kompetisi bertajuk Indonesia Research and Innovation Fair (IRIFair) 2024. Acara ini digelar pada 8-11 Agustus 2024.

IRIFair 2024 merupakan wadah penghargaan kompetitif yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir D4/S1 dan S2 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Acara ini bertujuan untuk menjaring talenta riset dan inovasi potensial di tingkat pendidikan tinggi dari seluruh Indonesia.

Dalam acara ini, para peserta kompetisi mempresentasikan skripsi, tugas akhir, atau tesis mereka yang sebelumnya sudah diujikan di sidang akhir. Ada tiga mata lomba, yaitu Scholar Research Competition, Scholar Poster Competition, dan 3-Minutes Research Pitch. Selain penjurian, nantinya para peserta juga memamerkan karyanya di pameran finalis dan menjalani ekskursi di fasilitas milik BRIN.

Khansa mengungkapkan, dalam IRIFair kali ini, ia mempresentasikan karyanya yang berjudul “Temporality in Architecture as a Basis for Designing Sustainable Cultural Space”. Dalam karya ini, Khansa berfokus pada penciptaan desain ruang kreatif yang fleksibel dan adaptif terhadap kebutuhan dan aktivitas pengguna ruang tersebut.

“Intinya riset ini dalam bidang arsitektur dengan studi kasus berupa creative hub design yang menggunakan konsep temporality di mana konsep ini bisa membuat ruang yang fleksibel dan adaptif terhadap kebutuhan dan aktivitas penggunanya, memberikan wawasan baru dalam bidang arsitektur bahwa desain arsitektur tidak lagi hanya berdasarkan spatial configuration saja, namun juga berdasarkan hubungan antara body-space dan hubungan space-space, sehingga dengan konsep ini maka sebuah bangunan arsitektur dapat mendukung sustainable architecture,” terang Khansa.

Khansa mengaku senang ketika mengetahui maket dan poster yang ia buat untuk kompetisi ini bisa membuatnya meraih penghargaan. Ia merasa bangga bisa membuat bangga orang tua, teman, dan dosen pembimbingnya.

“Kaget tapi sudah pasti senang, tidak menyangka bisa memenangkan salah satu penghargaan apalagi mengetahui poster lainnya juga tidak kalah keren, sangat bangga juga bisa naik ke atas panggung disaksikan orang tua, teman, dan dosen pembimbing yang menyempatkan datang juga ke acara penghargaan.”

Ia berharap, dengan kemenangan ini, ia bisa terus termotivasi untuk selalu berprestasi dan mengharumkan nama Fakultas Teknik dan Undip. “Harapannya untuk saya, semoga kedepannya semakin termotivasi lagi untuk terus berprestasi dan membanggakan nama diri, orang orang terdekat, Fakultas, dan Universitas,” kata Khansa