Jumat, 6 September 2024, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Ditjen Gatrik) Kementerian ESDM bekerja sama dengan Enhancing Readiness for the Transition to Electric Vehicle (ENTREV) kembali menyelenggarakan acara Gatrik Goes to Campus di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Acara temu wicara dan pameran teknologi ini digelar di Engineering Hall, Gedung Prof. Ir. Eko Budihardjo, M.Sc Lantai 5.

Gatrik Goes to Campus merupakan acara rutinan yang digelar untuk memperkenalkan kebijakan kendaraan listrik kepada masyarakat. Dengan mengambil tema “Mengenal Kebijakan Kendaraan Listrik yang Semakin Asyik”, Ditjen Gatrik Kementerian ESDM mengajak sivitas akademika di berbagai kampus di Indonesia, salah satunya adalah Universitas Diponegoro, untuk mengenal lebih jauh kebijakan pemerintah dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

“Acara ini dilakukan untuk berkolaborasi dengan institusi dan silaturahmi antara Ditjen Gatrik Kementerian ESDM dengan sivitas akademika sekaligus memperkenalkan berbagai program dan kebijakan dari Ditjen Gatrik…Salah satu upaya kami, Ditjen Gatrik, untuk menyampaikan kebijakan kepada semua stakeholder, salah satunya kepada mahasiswa, adalah dengan menyelenggarakan Gatrik Goes to Campus.” ujar Bonifasius Pandu Satria Jati, S.I.P, M.Si, Koordinator Humas dan Layanan Informasi Publik Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM

Antawirya Undip, yang baru saja membawa pulang tiga juara di Shell Eco-Marathon 2024, berkesempatan untuk memperkenalkan prototipe Rondhan di hadapan para tamu dari Kementerian ESDM dan ENTREV

Selain diisi oleh pameran teknologi dari Antawirya Undip dan PT Ekolektrik Konversi Mandiri, Gatrik Goes to Campus juga mengadakan temu wicara yang melibatkan berbagai tokoh nasional yang terkait dengan kebijakan kendaraan listrik di Indonesia. Para tokoh tersebut diantaranya adalah Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Ditjen Gatrik Kementerian ESDM, Ir. Mohamad Priharto Dwinugroho, M.S.E; National Project Manager ENTREV, Ir. Eko Adji Wibowo; Direktur Konservasi Energi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Dr. Ir. Hendra Iswahyudi, M.Si; dan CEO PT Ekolektrik Konversi Mandiri, Tasya Santi Rahmawati.

“Diharapkan para mahasiswa dapat mengeksplorasi lebih dalam mengenai kebijakan kendaraan listrik serta memberikan pandangan dan gagasannya yang dapat mendukung transformasi menuju energi yang lebih bersih.” harap Pandu.

Dekan Fakultas Teknik Undip, Prof. Dr. Ir. Jamari, S.T, M.T, IPU, mengapresiasi adanya acara Gatrik Goes to Campus ini. Beliau berharap, dengan adanya Gatrik Goes to Campus, masyarakat dan terutama mahasiswa bisa semakin sadar akan pentingnya konversi ke energi listrik untuk mendukung kemaslahatan bangsa. “Semoga kerja sama ini berlanjut terus dan kita tingkatkan demi kemaslahatan umat manusia dan masyarakat Indonesia,” tukas Prof. Jamari.