Universitas Diponegoro resmi menandatangani nota kesepahaman dengan PT Bayan Resources, Yayasan Purnomo Yusgiantoro, dan Dato’ Dr. Low Tuck Kwong. Kerjasama ini bertujuan untuk membangun gedung baru Departemen Teknik Sipil Undip. 

Penandatanganan nota kesepahaman berlangsung di lapangan Departemen Teknik Sipil Undip pada Senin, 14 Juni 2024. Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Diponegoro, Seluruh Dekan Fakultas dan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, Kepala Departemen Teknik Sipil, Direktur Umum PT Bayan Resources, Ketua Umum Yayasan Purnomo Yusgiantoro, Dato; Dr. Low Tuck Kwang, dan Wali Kota Semarang selaku saksi dan tamu undangan. 

Kepala Departemen Teknik Sipil, Prof. Jati Utomo Dwi Hatmoko, S.T., M.M., M.Sc., Ph.D., dalam sambutannya menyatakan pembangunan gedung hibah hasil kerjasama ini diharapkan selesai dalam 18 bulan.

“Gedung ini akan menjadi sarana bagi mahasiswa S2 dan S3 dalam melaksanakan kegiatan akademik. Saat ini kegiatan di kampus utama Tembalang dominan diisi oleh mahasiswa S1, sedangkan untuk S2 dan S3 di cabang Undip Pleburan. Adanya gedung ini agar semua mahasiswa Teknik Sipil dari berbagai jenjang dapat belajar bersama di kampus utama”. tutur Prof. Jati.

Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan, kerjasama ini penting untuk meningkatkan kualitas Undip sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

“Saat ini Undip berada di urutan pertama sebagai Universitas yang paling diminati oleh calon mahasiswa di jalur SNBT. Tentunya hal tersebut patut kita banggakan dan kita jadikan pacuan untuk senantiasa meningkatkan kualitas akademik maupun nonakademik seperti sarana dan prasarana Undip. Kami berterima kasih atas kerjasama ini,  hari ini Undip mendapat hibah gedung dan beasiswa pendidikan. Semoga lebih banyak hal yang dapat ditingkatkan di masa mendatang”. papar Prof. Dr. Suharnomo.

Peletakan batu dan semen pertama pembangunan Gedung Departemen Teknik Sipil oleh Ketua Departemen Teknik Sipil Undip dan perwakilan dari PT Bayan Resources dan Yayasan Purnomo Yusgiantoro

Dalam penandatanganan kali ini, ada beberapa poin yang disepakati, yaitu Nota Kesepahaman bersama antara PT Bayan Resources, Yayasan Purnomo Yusgiantoro, Dato’ Dr. Low Tuck Kwong dan Undip terkait pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, perjanjian kerja sama terkait pembangunan Gedung Hibah Departemen Teknik Sipil, dan pemberian hibah bantuan bagi Teknik Sipil dan Fakultas Teknik Undip.

Ketua Umum Yayasan Purnomo Yusgiantoro, Filda Citra Yusgiantoro menyampaikan pembangunan gedung hibah Departemen Teknik Sipil Undip diharapkan bisa menjadi bentuk nyata dari Tridarma Perguruan Tinggi dan membantu perwujudan Indonesia Emas di tahun 2045. 

“Kerjasama ini menjadi bukti komitmen Yayasan Purnomo Yusgiantoro untuk ikut aktif berperan dalam membangun kualitas pendidikan di Indonesia. Gedung hibah ini nantinya digunakan sebagai tempat pelaksanaan pendidikan Teknik Sipil Undip. Semoga pembangunan gedung ini dapat berdampak pula untuk pembangunan bangsa Indonesia”.  

 

Reporter: Indah Zulayka

Editor: M. Rusmul Khandiq