Selasa, 7 Mei 2024, Fakultas Teknik Undip menandatangani kerja sama dengan PT CSCEC Indonesia. Acara penandatanganan berlangsung di R. Dekan, Gedung Prof. Ir. Eko Budihardjo, M.Sc, Lantai 5. Dalam acara ini, turut hadir Dekan Fakultas Teknik Undip serta perwakilan dari PT CSCEC Indonesia.

China State Construction Engineering Corporation, atau CSCEC, adalah salah satu perusahaan konstruksi milik negara ternama yang berbasis di Tiongkok. CSCEC saat ini merupakan perusahaan konstruksi terbesar di dunia berdasarkan pendapatan per tahun dan menjadi perusahaan terbesar kedelapan di dunia berdasarkan hasil penjualan di tahun 2020.

Sebagai cabang dari CSCEC di Indonesia, PT CSCEC Indonesia ingin menjalin kerja sama dengan Fakultas Teknik Undip, terutama dalam hal penyediaan kesempatan magang bagi mahasiswa dan rekrutmen kampus. Menurut Wang Ruoming, perwakilan dari PT CSCEC Indonesia, Fakultas Teknik Undip menjadi salah satu mitra kerja sama yang menguntungkan karena merupakan salah satu kampus unggulan di Indonesia. “Kami sering melakukan kerja sama dengan kampus teknik lokal di mana kami berada. Undip menjadi salah satu kampus unggulan lokal yang kami tuju,” ucap beliau.

Wang berharap, kerja sama ini bisa memberikan manfaat bagi kedua belah pihak di masa depan. “Kita sangat merasa terhormat bisa mendapatkan kesempatan ini. Kami berharap, kerja sama ini bisa bermanfaat bagi kami dan pihak universitas,” tukasnya.

Dekan Fakultas Teknik Undip, Prof. Dr. Jamari, S.T, M.T, menyambut baik adanya kerja sama ini. Beliau berharap, kerja sama dengan PT CSCEC Indonesia ini bisa terus berkembang ke bidang-bidang lainnya. “Semoga kerja sama ini tidak hanya berhenti di sini saja, tapi bisa terus berkembang di topik yang lain, seperti penelitian dan lain-lain,” kata Prof. Jamari.