Selasa, 24 Oktober 2023, Laboratorium Pengujian Fakultas Teknik menjalani kegiatan asesmen lapangan (onsite assessment) untuk ISO/IEC 17025:2017 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Asesmen ini dilakukan dalam rangka surveilens kesatu untuk ruang lingkup Pengujian Teknik Lingkungan-Air dan penambahan ruang lingkup untuk Bahan dan Konstruksi. Acara pembukaan berlangsung di Ruang Sidang Senat, Gedung Prof. Ir. Eko Budihardjo, M.Sc Lantai 3.

Sebelumnya, salah satu laboratorium pengujian di Fakultas Teknik, yaitu Laboratorium Pengujian Teknik Lingkungan-Air sudah mendapatkan akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017 pada April 2022. Sesuai dengan lokakarya yang berlangsung pada Maret 2023, saat ini Fakultas Teknik tidak hanya menyiapkan surveilens kesatu bagi Laboratorium Pengujian Teknik Lingkungan-Air sebagai tindak lanjut dari akreditasi sebelumnya, namun juga mempersiapkan diri untuk menambah ruang lingkup laboratorium pengujian di bidang Teknik Sipil, yaitu Laboratorium Pengujian Bahan dan Konstruksi.

Asesor dari KAN, Bapak Cecep Herusaleh, sedang meninjau secara langsung alat pengujian di Laboratorium Pengujian Bahan dan Konstruksi

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D, mendukung penuh asesmen lapangan ini. Bagi beliau, laboratorium pengujian di Fakultas Teknik sudah seharusnya terakreditasi secara internasional, salah satunya melalui ISO 17025:2017. Dengan laboratorium yang terakreditasi secara internasional, maka visi Fakultas Teknik sebagai fakultas berbasis riset bertaraf internasional bisa segera tercapai. “Kami Fakultas Teknik memiliki visi menuju fakultas yang unggul di tinggal internasional berbasis riset pada tahun 2024. Pada titik ‘internasional’ itulah kami butuh pengelolaan yang baik untuk mendukung internasionalisasi. Dengan mendukung tercapainya ISO 17025:2017, kami mendukung tercapainya visi Fakultas Teknik tersebut,” tutur beliau.

Pada asesmen lapangan kali ini, asesor dari KAN adalah Bapak Cecep Herusaleh dari Balai Pengujian Mutu Barang, Kementerian Perdagangan dan Ibu Raden Tina Rosmalina dari Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih BRIN. Selama dua hari dari tanggal 23 hingga 24 Oktober, para asesor akan menjalankan surveilens dan penyaksian (witness) langsung ke Laboratorium Pengujian Air di Departemen Teknik Lingkungan dan Laboratorium Pengujian Bahan dan Konstruksi di Departemen Teknik Sipil bersama para personel laboratorium terkait. Dari asesmen lapangan ini diharapkan nantinya laboratorium pengujian yang ada di lingkungan Fakultas Teknik bisa terakreditasi secara internasional sehingga bisa dipercaya oleh masyarakat sebagai laboratorium pengujian yang terstandar dan terpercaya.