Senin, 14 Agustus 2023, Teknik Sipil Universitas Diponegoro bekerja sama dengan Institute for Structural Analysis Technische Universität Dresden Jerman mengadakan kuliah umum dengan tema “On-Going Research in the Institute for Structural Analysis, TU Dresden, Germany”. Kuliah umum ini merupakan lanjutan dari kuliah umum yang sudah dilaksanakan sebelumnya, di mana pada kuliah umum sebelumnya, tema yang dibawa adalah tentang pendidikan dan riset di Jerman. Pada kuliah umum ini, Prof. Dr-Ing. habil. Michael Kaliske dari TU Dresden menjadi pemateri utama. Sedangkan Dr-Ing. Bobby Rio Indriyantho, S.T., M.T., dosen Teknik Sipil Undip, dipilih menjadi moderator. Kuliah umum ini dilaksanakan di R. E301, Departemen Teknik Sipil dan dihadiri oleh beberapa Dosen dari Departemen Teknik Sipil, seperti Prof. Dr. Ir. Han Ay Lie, M.Eng. dan Dr. Ir. Purwanto, M.T. ,M.Eng, serta beberapa mahasiswa S1 dan S2 Teknik Sipil.

Technische Universität Dresden merupakan salah satu universitas multidisiplin modern terbesar di Jerman. Universitas ini adalah salah satu dari sebelas institusi di Jerman yang mendapatkan predikat sebagai ‘University of Excellence’ oleh Inisiatif Keunggulan Universitas Jerman (Ziele der Exzellenzinitiative). Salah satu bidang yang menjadi unggulan di kampus ini adalah bidang keteknikan, terutama terkait teknik sipil. Dalam bidang ini, Institute for Structural Analysis yang dipimpin oleh Prof. Kaliske menjadi salah satu laboratorium yang sering dijadikan rujukan dalam bidang teknik sipil tersebut, khususnya dalam bidang analisis struktur.

Pada kuliah tamu ini, Prof Kaliske, selaku peneliti yang fokus di bidang analisis struktur, membahas tentang pembaharuan-pembaharuan yang sudah dijalankan oleh laboratoriumnya di bidang analisis struktur. Beliau banyak menjelaskan tentang topik-topik terkait seperti bagaimana tarikan dan tekanan dari luar ataupun dari dalam suatu struktur dapat berpengaruh terhadap struktur tersebut. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang bagaimana perilaku beton linear dan non linear yang sejatinya memiliki tantangan dan juga tujuannya masing-masing.

Kuliah umum ini merupakan bagian dari program Visiting Professor yang diinisiasi oleh Departemen Teknik Sipil. Dalam program tersebut, Prof. Dr-Ing. Habil. Michael Kaliske diundang sebagai professor tamu. Selain kuliah tamu, beberapa agenda lain yang ada dalam program ini adalah penandatanganan MoA dan diskusi riset BIMA. Diharapkan, dari adanya program ini, sivitas akademika Teknik Sipil dan Fakultas Teknik mendapatkan pengetahuan dan relasi baru dari mitra luar negeri yang berkualitas.

Berita disadur dari Departemen Teknik Sipil Undip

Reporter: Daniel Andhika Yudistya

Editor: M. Rusmul Khandiq