Jumat, 1 September 2023, Fakultas Teknik Undip resmi meneken perjanjian kerja sama dengan DataDeep dan Pika-Pika Tour and Edu. Acara penandatanganan berlangsung di R. Sidang Senat, Gedung Dekanat Lt. 3. Dalam acara ini, turut hadir Direktur Utama PT DataDeep Solusi Nusantara (DataDeep), Mahmudi, serta Direktur Utama PT Pika-Pika Tour and Edu, Achmadi Kamal, serta beberapa dosen dan pimpinan Fakultas Teknik.

DataDeep sendiri merupakan perusahaan yang berbasis di Tangerang Selatan dan bergerak di bidang pelatihan dan pengolahan data besar (big data) berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI). Mahmudi, Direktur Utama PT DataDeep Solusi Nusantara, mengungkapkan bahwa pihaknya ingin bekerja sama dengan Fakultas Teknik Undip karena melihat bagaimana di era modern seperti sekarang, perkembangan teknologi kecerdasan buatan yang begitu pesat harus segera diterapkan di dunia pendidikan. Beliau berpendapat bahwa teknologi kecerdasan buatan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Fakultas Teknik. “Perubahan dinamika saat ini sangat cepat sekali. Transformasi digital berkembang sangat cepat dalam kehidupan kita. Salah satunya adalah AI. Dengan adanya penerapan AI ini, nantinya bisa memberikan peningkatan dalam pendidikan di Fakultas Teknik Undip.”

Dalam kerja sama kali ini, DataDeep menggandeng Pika-Pika sebagai mitra di Jawa Tengah untuk menjembatani jalannya kegiatan kerja sama dengan Fakultas Teknik Undip nantinya. Achmadi Kamal, Direktur Utama PT Pika-Pika Tour and Edu berharap, kerja sama ini bisa memberikan hasil yang baik ke depannya. “Kami nantinya bersama DataDeep akan menjembatani kegiatan pelatihan dan kegiatan lainnya di Fakultas Teknik Undip. Semoga kerja sama ini membawa berkah dan bermanfaat baik bagi kami dan Fakultas Teknik,” ucap beliau.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D, menyambut baik adanya kerja sama ini. Bagi beliau, hadirnya kerja sama ini sesuai dengan tujuan Fakultas Teknik yang tercantum dalam Indikator Kinerja Utama (IKU), di mana salah satu poinnya adalah kerja sama dengan industri. Beliau berharap, kerja sama ini bisa memberikan manfaat bagi semua pihak. “Terima kasih untuk PT DataDeep Solusi Nusantara dan PT Pika-Pika Tour and Edu. Semoga kerja sama ini bisa bermanfaat,” tutur beliau.