Kamis, 3 Agustus 2023, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro mendapat kunjungan dari Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. Adapun tujuan dari kedatangan PIP ke FT Undip adalah PIP ingin membahas mengenai potensi kerja sama untuk mengembangkan program studi baru mereka di bidang Transportasi Laut dan Kepelabuhanan agar lulusannya memiliki kompetensi di bidang Transportasi Laut. Acara kunjungan ini dilaksanakan di R. Sidang Senat, Gd Dekanat Fakultas Teknik Undip Lt 3.

Dalam kunjungan ini, turut hadir Dekan FT Undip, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D., Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Teknik Undip, Prof. Dr.nat.tech. Siswo Sumardiono, S.T, M.T., Ketua Departemen Teknik Mesin Undip, Prof. Jati Utomo Dwi Hatmoko, S.T., M.M., M.Sc., Ph.D., Koordinator Unit Pengelola Kerja Sama FT Undip, Dr. Eng. Gunawan Dwi Haryadi, S.T., M.T., dan Direktur PIP, Tri Cahyadi.

Kunjungan PIP Semarang ke Fakultas Teknik Undip dilatarbelakangi oleh pandangan bahwa Fakultas Teknik Undip merupakan sebagai salah satu mitra potensial untuk mengembangkan program studi baru yang sedang PIP kembangkan, yaitu di bidang Transportasi Laut dan Kepelabuhan. Menurut pihak PIP, Fakultas Teknik Undip memiliki relevansi dengan hal tersebut karena memiliki peneliti dan Departemen yang terkait dengan program studi baru tersebut.

Dekan Fakultas Teknik Undip, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D., menyambut baik kedatangan Politeknik Ilmu Pelayaran. Hal tersebut juga didukung oleh rencana pengembangan program studi baru di PIP yang beririsan juga dengan bidang keilmuan yang terdapat di Fakultas Teknik Undip. “FT Undip memiliki bidang yang berkorelasi dengan rencana pengembangan program studi di bidan Transportasi Laut dan Kepelabuhan, seperti contohnya di Teknik Sipil terdapat bidang Transportasi, Sumber Daya Air, Geoteknik, dan Manajemen Konstruksi yang akreditasinya sudah Unggul bahkan ada yang sudah Internasional. Harapannya hal ini dapat mendukung dan mewujudkan Tol Laut yang menjadi salah satu tujuan pemerintah,” ujar beliau.

Dalam sambutannya, Direktur PIP, Tri Cahyadi, mengatakan bahwa kunjungan ke FT Undip adalah kesempatan emas bagi PIP untuk dapat mengembangakan program studi yang sudah dimiliki saat ini. ”Saat ini Kami memiliki 3 program studi yaitu D-IV Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, D-IV Teknika, dan D-IV Nautika. Kami diarahkan oleh Dewan Pengawas agar dapat menjalin kerja sama dengan FT Undip terkait pengembangan program studi yang akan kami kembangkan, seperti program studi Konstruksi Pelabuhan dan Kelistrikan Pelabuhan,” tutur beliau.

Reporter: Daniel Andhika Yudistya