Rabu, 26 Juli 2023, Fakultas Teknik undip mengadakan acara pelatihan bertajuk “Pelatihan Outcome-Based Education (OBE) Overview Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Tahun 2023” di Engineering Hall, Gedung Dekanat Lt 5. Acara yang berlangsung mulai dari tanggal 25 Juli hingga 26 Juli 2023 tersebut diikuti oleh tim Penjaminan Mutu Fakultas, para champions dari lokakarya sebelumnya, dan para dosen yang belum pernah mengikuti pelatihan terkait penerapan OBE sebelumnya.

Pelatihan ini merupakan bagian dari serangkaian pelatihan yang dilakukan oleh Fakultas Teknik terkait penerapan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) di Fakultas Teknik. Sebelumnya, Fakultas Teknik sudah mengadakan lokakarya internasional bersama Center for Engineering Education Univesiti Teknologi Malaysia (CEE UTM) terkait penerapan OBE dalam pendidikan keteknikan. Para champions dari lokakarya tersebut kemudian diundang untuk memberikan pemaparan materi dan praktik terkait cara menyusun kurikulum berbasis OBE di hadapan para dosen yang sebelumnya belum pernah mendapatkan pelatihan terkait penerapan OBE di Fakultas Teknik.

Dalam pelatihan kali ini, ada enam champions yang terpilih menjadi pemateri. Enam champions tersebut antara lain Dr. Naniek Utami Handayani, S.Si, M.T dari Departemen Teknik Industri, Dr. Noer Abyor Handayani, S.T, M.T dari Departemen Teknik Kimia, Ahmad Syauqi Hidayatillah, S.T, M.T dari Departemen Teknik Geologi, Teguh Prakoso, S.T, M.T, Ph.D dari Departemen Teknik Elektro, Dr. Singgih Saptadi, S.T, M.T dari Departemen Teknik Industri, dan Dr. Dyah Ari Wulandari, S.T, M.T dari Departemen Teknik Sipil.

Dekan Fakultas Teknik Undip, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D mengatakan, pelatihan ini tidak hanya mengajarkan tentang seperti apa penerapan kurikulum berbasis OBE kepada para dosen, tapi juga bisa memperkuat relasi yang sudah terbentuk antara Fakultas Teknik Undip dengan CEE UTM. Beliau juga menuturkan, nantinya pelatihan semacam ini tidak hanya ditujukan kepada dosen saja, namun juga kepada mahasiswa dan staf. “Ke depannya, kita juga akan membuat OBE for Students dan OBE for Staffs,” ujar beliau.

Prof. Khairiyah Mohd Yusuf, peneliti dari CEE UTM berharap, para champions bisa membagikan pengetahuan yang sebelumnya sudah diajarkan oleh CEE UTM kepada para peserta sehingga dapat membantu para dosen Fakultas Teknik dalam menerapkan kurikulum berbasis OBE. “Saya berharap kita bisa membantu para dosen dari Universitas Diponegoro untuk lebih memahami tentang apa itu OBE,” ucap beliau.