Senin, 14 Agustus 2023, Fakultas Teknik Undip menggelar acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) bertajuk Orientasi Diponegoro Muda (ODM) FT Undip 2023. Acara yang berlangsung di Stadion Undip tersebut merupakan bagian dari rangkaian PKKMB 2023 yang berlangsung pada tanggal 14 dan 15 Agustus 2023. Tahun ini, ODM FT Undip diadakan secara luring untuk pertama kalinya setelah selama dua tahun harus diadakan secara daring karena Pandemi COVID-19.

Pada tahun ini, ada 2387 peserta yang berhasil lolos dan mendaftar ulang sebagai mahasiswa baru Fakultas Teknik Undip. Sesuai dengan peraturan yang ada, ribuan mahasiswa baru tersebut diharuskan untuk mengikuti masa orientasi atau Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang berlangsung dari 11 – 20 Agustus 2023. Salah satu bagian dari PMB ini adalah PKKMB, di mana PKKMB itu sendiri terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu PKKMB hari pertama yang dikenal sebagai ODM FT Undip, dan PKKMB hari kedua yang dilaksanakan nantinya di tiap Departemen.

Para mahasiswa baru tampak antuasias selama selama pelaksanaan ODM FT Undip 2023

Sebagai bagian dari PKKMB, ODM FT Undip sendiri bertujuan untuk memperkenalkan para mahasiswa baru dengan lingkungan kampus, kegiatan mahasiswa, sistem akademik, serta sumber daya yang tersedia di Fakultas Teknik. Pada tahun ini, ODM FT Undip membawakan tema “Padukan Gempita, Gaungkan Irama, Wujudkan Asa”. Menurut Johanes Enggal Putra Hape, Ketua ODM FT Undip 2023, tema tersebut bertujuan untuk mengenalkan nilai soliditas yang selama ini selalu dijunjung tinggi sebagai nilai bersama di Fakultas Teknik Undip. “Kami berharap nantinya kalian bisa membawa nilai yang kita bawa, yaitu Satu Tekad, Teknik Jaya!” ungkap Enggal yang merupakan mahasiswa dari Teknik Perkapalan ini.

Selain diisi dengan materi, acara ODM FT Undip 2023 juga diisi oleh beragam penampilan. Salah satunya dari UKM Entrance (Engineering Traditional Dance)

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FT Undip, Dori Susadi Wahmil dari Departemen Teknik Industri mengatakan, acara ini diadakan sebagai bentuk upaya dari segenap mahasiswa Fakultas Teknik untuk membantu para mahasiswa baru dalam mengembangkan dirinya selama empat tahun ke depan. Ia berpesan, para mahasiswa nantinya bisa memanfaatkan waktu yang dimilikinya selama belajar di Fakultas Teknik dengan baik. “Manfaatkanlah waktu kalian untuk bekerja. Kembangkanlah diri kalian,” ucapnya.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D, sedang memberikan sambutan di depan 2387 mahasiswa baru Fakultas Teknik

Pada acara ini, turut hadir juga jajaran pimpinan Fakultas Teknik serta ketua dan perwakilan dari tiap Departemen. Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D, yang turut hadir untuk memberikan sambutan pembuka, berharap nantinya melalui ODM FT Undip ini tiap mahasiswa baru bisa membuat perencanaan yang baik selama menempuh studi di Fakultas Teknik. “Perencaaan selama delapan semester bukanlah seperti orang yang sedang lari maraton. Anda punya banyak pilihan selama delapan semester itu. Pilihlah dengan baik,” pesan beliau.

Maskot ODM FT Undip pada tahun ini diberi nama Elda, atau Elang Muda. Maskot antropomorfis berkepala elang ini didasarkan pada julukan bagi mahasiswa baru di Fakultas Teknik, yaitu Elang Muda

Di tahun ini, ODM FT Undip diisi dengan berbagai materi dari para pimpinan serta dosen Fakultas Teknik. Mulai dari pemaparan materi tentang sistem akademik di Fakultas Teknik Undip dari Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr.nat.tech Siswo Sumardiono, S.T, M.T. Lalu ada materi tentang sarana dan prasarana di Fakultas Teknik Undip oleh Wakil Dekan Sumber Daya, Dr. Ir. Abdul Syakur, S.T, M.T, IPU. Serta ada gelar wicara dengan M. Mujiya Ulhaq, S.T, M.Sc, Ph.D dari Departemen Teknik Industri terkait menjaga keseimbangan hidup selama belajar di Fakultas Teknik.

Selain pemaparan materi, acara juga diisi dengan orasi, yel-yel, serta berbagai penampilan dari beberapa UKM di Fakultas Teknik, seperti dari Entrance (Enginering Traditional Dance), Endurance (Engineering Modern Dance), PSMT Undip, dan yang lainnya. Di akhir acara, para mahasiswa baru disuguhkan dengan Expo UKM agar mereka bisa lebih paham tentang berbagai organisasi kampus yang dapat mewadahi kreativitas mereka selama berada di Fakultas Teknik Undip.

Reportase oleh Sri Mayangsari dan M Rusmul Khandiq