Rabu, 26 Juli 2023, Fakulti Teknologi Kejuruteraan Kelautan dan Informatik (FTKKI) Universiti Malaysia Terengganu (UMT) melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Undip). Acara kunjungan ini berlangsung di R. Sidang Senat, Gd Dekanat Lt 3. Dalam kunjungan kali ini, delegasi dari FTKKI UMT yang terdiri atas Dekan dan beberapa peneliti dari UMT, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), dan Universiti Teknologi Malaysia Melaka (UTeMM), ingin melakukan inisasi kerja sama di bidang riset akademik dan pengembangan sumber daya dengan beberapa universitas di Indonesia, di mana salah satunya adalah Universitas Diponegoro.

Dekan FTKKI UMT, Prof Ir Dr Mohammad Fadhli bin Ahmad mengatakan, pihak FTKKI UMT memiliki satu program yang mereka sebut sebagai ”Jelajah Kolaborasi”, di mana tujuan utama dari program tersebut adalah untuk menjalin kolaborasi dengan berbagai universitas di beberapa negara seperti Indonesia. Beliau menambahkan, pihaknya sangat berterima kasih karena sudah diperkenankan untuk hadir dan menjajaki potensi kerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. ”Kami sangat berterima kasih karena telah memperbolehkan kami untuk mendatangi universitas ini untuk mengadakan beberapa kolaborasi dengan kalian,” ucap Prof. Fadhli dalam sambutannya.

Prof. Fadhli juga menjelaskan, ada beberapa poin kerja sama yang ingin dicapai dalam kunjungan mereka kali ini. Salah satu poin kerja sama mereka adalah terkait riset bersama dan pertukaran staf dan mahasiswa. Selain itu, pihak FTKKI UMT juga mengajak akademisi dari UKM, Assoc Prof Rohayu Binti Abdul Ghani, dan dari UTeMM, Prof Dr Faaizah binti Shahbodin, sebagai akademisi tamu yang akan berbagi tentang pengelolaan sumber daya manusia bersama dengan Fakultas Teknik Undip. ”Di sini ada beberapa dosen kami untuk membahas tentang potensi riset bersama. Lalu, kami juga membawa beberapa rekan kami dari UKM, Prof Rohayu, dan Prof. Faaizah dari UTeMM. Kita akan berbagi tentang manajemen sumber daya manusia,” terang Prof. Fadhli.

Dekan FT Undip, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D (kanan) dan Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan FT Undip, Prof. Dr.nat.tech. Siswo Sumardiono, S.T, M.T (paling kanan) menerima cinderamata dari Dekan FTKKI UMT, Prof Ir Dr Mohammad Fadhli bin Ahmad (kiri)

Pada kunjungan kali ini, acara dibagi ke dalam dua bagian. Bagian pertama berlangsung di R. Teater, dan bagian kedua berlangsung di R. Sidang Senat. Di bagian pertama, para hadirin yang terdiri atas pimpinan dan ketua Departemen di Fakultas Teknik berdiskusi terkait manajemen sumber daya manusia bersama dua akademisi dari UKM dan UTeMM. Lalu, di bagian kedua para peneliti akan berdiskusi terkait potensi kerja sama riset dan akademik dengan para akademisi dan pimpinan dari FTKKI UMT.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D, mengaku bersyukur bisa menerima kunjungan dari salah satu mitra mereka dari Malaysia ini. Beliau berharap, kunjungan kali ini bisa membuka tali silaturahim antarlembaga sehingga bisa bermanfaat di kemudian hari. ”Selamat datang di Universitas Diponegoro, selamat datang di Fakultas Teknik, kami ingin bersilaturahim dengan kalian,” ucap Prof. Agung.