Selasa, 18 Juli 2023, Paduan Suara Mahasiswa Teknik (PSMT) Undip resmi melepas Tim Aksa Swara Indonesia untuk mengikuti dua kompetisi besar, yaitu 12th Bali International Choir Festival dan 9th Satya Gita Choir Festival. Pelepasan kontingen ini diadakan secara seremonial di Engineering Hall, Gedung Dekanat Lt. 5.

Ketua Tim Aksa Swara Indonesia, Haris Geovani menjelaskan, saat ini Tim Aksa Swara Indonesia akan bersiap diri untuk menghadapi kompetisi terdekat, yaitu 12th Bali International Choir Festival yang akan diadakan pada tanggal 25 – 29 Juli 2023 di Bali. “Kami rencananya akan mengikuti dua kompetisi pada tahun ini, yang terdekat adalah 12th Bali International Choir Festival,” terang Haris.

Ketua Tim Aksa Swara Indonesia, Haris Geovani (tengah kiri), berfoto bersama Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D (paling kiri)

Pada acara pelepasan ini, Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D, turut hadir untuk memberikan dukungan moral kepada tim yang sebelumnya sudah berhasil memenangkan Grand Prix pada 18th Busan Choral Festival and Competition tersebut. Menurut beliau, Tim Aksa Swara Indonesia dan PSMT Undip merupakan bagian dari keluarga besar Fakultas Teknik Undip, sehingga kehadiran mereka dalam kompetisi nasional dan internasional, seperti 18th Bali International Choir Festival, menjadi bentuk unjuk diri dari Fakultas Teknik Undip di kancah internasional sehingga perlu didukung penuh. “Keikutsertaan Aksa Swara Indonesia menjadi kunci bagi kami (Fakultas Teknik) untuk tampil di level internasional,” ujar beliau.

Prof. Agung juga berpesan kepada seluruh tim untuk menjaga sikapnya selama berkompetisi nanti. Beliau berharap, Tim Aksa Swara Indonesia bisa menjadi wakil yang baik bagi Fakultas Teknik Undip dan bisa membawa hasil yang terbaik pada kompetisi di tahun ini. “Jaga betul sikap Anda, jaga betul karakter Anda, tunjukkan bahwa Anda mewakili Fakultas Teknik,” ucap beliau.

Tim Aksa Swara Indonesia menampilkan beberapa lagu yang akan mereka nyanyikan pada kompetisi tahun ini

Dalam acara pelepasan ini, Tim Aksa Swara juga berkesempatan untuk menampilkan beberapa lagu yang akan mereka tampilkan pada kompetisi nantinya. Ketua PSMT Undip, Marco Hotradero Febrian S berharap, tim Aksa Swara Indonesia bisa lebih berkembang, lebih disegani, dan terus mengukir prestasi bagi Fakultas Teknik Undip dan Indonesia. “Tantangan bagi paduan suara mahasiswa adalah adanya pergantian singer di setiap tahunnya. Oleh karena itu, ada regenerasi singer pada tim Aksa Swara Indonesia, sehingga saya berharap tim Aksa Swara Indonesia bisa terus berkembang dan mengukir prestasi untuk mengharumkan Fakultas Teknik Undip dan Indonesia. Selain itu, harapan saya, Aksa Swara Indonesia dapat menjadi salah satu tim yang ternama dan disegani di dunia paduan suara,” tuturnya.

Tim Aksa Swara Indonesia saat ini sedang berkompetisi pada helatan 12th Bali International Choir Festival yang diadakan pada tanggal 25-29 Juli 2023 di Bali. Mari kita berikan dukungan penuh kepada Tim Aksa Swara Indonesia agar mereka bisa memberikan yang terbaik selama kompetisi nantinya. Semangat terus, Tim Aksa Swara Indonesia!