Jumat, 14 Juli 2023, Universitas Diponegoro (Undip) meneken perjanjian kerja sama dengan Korea-Indonesia Marine Technology Cooperation Research Center (MTCRC). Acara penandatanganan kerja sama berlangsung di Ruang Sidang Rektor Lt 2, Gedung Widya Puraya Kampus Undip Tembalang. Pada acara ini, Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, M.Hum, hadir sebagai perwakilan dari Undip untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerja sama di bidang akademik dan penelitian dengan perwakilan dari MTCRC yang diwakili oleh Dr. Hansan Park dan Ivonne Milichristi Radjawane, Ph.D.

MTCRC, atau dikenal juga sebagai PPKTK (Pusat Penelitian dan Kerjasama Teknologi Kelautan), adalah pusat penelitian bersama yang didirikan oleh Korea Institute of Ocean Science and Technology (KIOST) atas nama Kementerian Samudera dan Perikanan (KSP) Republik Korea dan Institut Teknologi Bandung (ITB) atas nama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Republik Indonesia. Pusat penelitian ini berfokus pada pengembangan penelitian di bidang ilmu kelautan dan teknologi antara Korea dan Indonesia.

Menurut Dr. Hansan Park, salah satu perwakilan dari MTCRC dalam acara ini. Undip dipilih sebagai salah satu mitra oleh MTCRC karena dikenal memiliki reputasi akademik yang baik dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. “MTCRC saat ini memiliki 25 orang staf, 5 diantaranya merupakan alumni Undip. MTCRC juga memiliki Dewan Penasehat, salah satunya juga alumni Undip. Representasi penting dari Undip ini semakin memperkuat keyakinan kami bahwa bekerja sama dengan Universitas ini akan membawa manfaat besar dalam memajukan sektor Maritim Indonesia,” terang beliau.

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, M.Hum, menyambut baik adanya kerja sama ini. Menurut beliau, kerja sama ini selaras dengan visi Undip sebagai Universitas Riset yang Unggul di Kancah Internasional. “Undip menaruh perhatian besar untuk meningkatkan jumlah penelitian ilmiah di bidang tertentu untuk mencapai tujuan menjadi Universitas Riset Unggulan Kelas Dunia,” ucap Prof. Yos.

Pada acara penandatanganan kerja sama ini, turut hadir juga beberapa Dekan dari Fakultas/Sekolah di Undip, salah satunya adalah Dekan Fakultas Teknik. Menurut Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D, selaku Dekan Fakultas Teknik, kerja sama ini merupakan kesempatan yang bagus bagi Fakultas Teknik mengingat untuk saat ini Fakultas Teknik sudah memiliki beberapa jaringan kerja sama dengan beberapa institusi pendidikan tinggi di Korea. “Kita dengan perguruan-perguruan tinggi di Korea punya beberapa link, seperti dengan Pukyong National University. Kita sudah belasan tahun dengan mereka dan hingga saat ini masih sangat erat kerja samanya,” kata beliau.

Prof. Agung berharap, dengan adanya kerja sama ini Fakultas Teknik bisa ikut serta dalam menjalin kerja sama pendidikan terutama di bidang kelautan, di mana Fakultas Teknik sendiri memiliki satu departemen yang memiliki fokus kajian di bidang tersebut, yaitu Departemen Teknik Perkapalan. “Karena terkait dengan hal-hal yang bersifat kelautan, saya juga sampaikan hal yang sama (terkait) dalam acara itu, yaitu Teknik Perkapalan. Kita bisa jalin kerja sama di situ,” tutur beliau.

Berita disadur dari Universitas Diponegoro