Senin, 17 Juli 2023, Panitia Pelaksana Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) Fakultas Teknik Undip mengadakan rapat rutinan di R. Senat, Gedung Dekanat Lt. 3. Rapat ini dihadiri oleh Wakil Dekan Sumber Daya, Dr. Ir. Abdul Syakur, S.T, M.T, IPU, serta segenap jajaran P2K3 baik yang ada di tingkat Fakultas maupun tingkat Departemen.

Wakil Dekan Sumber Daya, Dr. Ir. Abdul Syakur, S.T, M.T, IPU mengungkapkan, rapat rutin ini merupakan tindak lanjut atas pertanyaan dari pihak Departemen pada Pelatihan Sinkronisasi Anggaran dan Capaian IKU yang dilaksanakan pada 6 Juli yang lalu. Pada pelatihan tersebut, ada beberapa pertanyaan terkait penilaian ketercapaian IKU terkait K3 yang selama ini masih dianggap kurang jelas bagi beberapa Departemen. Beliau berharap, dalam rapat rutin kali ini P2K3 Fakutlas Teknik bisa memperjelas rubrik penilaian yang digunakan untuk menilai penerapan K3 di tiap Departemen. “Kita perlu memperjelas tiap rubrik penilaian yang kita gunakan untuk menilai tiap Departemen. Saya harap, Departemen punya target untuk meningkatkan nilai IKU terkait K3,” ujar beliau.

Beliau juga menambahkan, adanya rapat rutin ini dapat menjadi forum bagi P2K3 di level Fakultas dan level Departemen untuk berbagi pendapat terkait persiapan program kerja K3 di instansi masing-masing. Beliau berharap, nantinya P2K3 tiap Departemen bisa mengajukan fasilitas apa saja yang perlu ditambah. “Departemen kemarin juga mengusulkan adanya common facilities, seperti titik kumpul, nantinya bisa dibahas apakah perlu anggaran dari Fakultas atau tidak,” ucap beliau.

Pada rapat kali ini, Ketua P2K3 Fakultas Teknik Undip, Dr. Anak Agung Sagung Manik Mahachandra Jayanthi Mertha, S.T., M.Sc, berkesempatan untuk memimpin jalannya rapat. Ada beberapa topik yang dibahas dalam rapat ini, antara lain persiapan akreditasi internasional IABEE untuk K3 di level Departemen, persiapan sertifikasi ulang ISO 45001 yang akan berakhir pada Januari 2024, penjajakan kerja sama dengan Damkar untuk pelatihan K3, perawatan asset K3, program kerja P2K3 untuk triwulan tiga dan empat, serta pembahasan lainnya. Dari rapat ini, diharapkan persiapan dari P2K3 Fakultas dan Departemen dalam menyambut akreditasi internasional bisa semakin matang serta penerapan K3 di lingkungan Fakultas Teknik bisa semakin baik ke depannya.