Jumat, 30 Juni 2023, Tim dari Departemen Teknik Sipil Undip yang terdiri atas Prof. Dr. Ir. Sri Tudjono, M.S, Prof. Dr. Ir. Han Ay Lie, M.Eng, Prof. Dr. Ir. Suharyanto, M.Sc, dan Dr-Ing. Bobby Rio Indriyantho, S.T, M.T, melangsungkan kunjungan ke National Cheng Kung University (NCKU) dan National United University (NUU) Taiwan. Kunjungan ini berlangsung selama lima hari mulai dari tanggal 26 Juni hingga 30 Juni 2023. Adapun tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melakukan asesmen mutu sekaligus sebagai upaya inisiasi kerja sama antara Departemen Teknik Sipil Undip dengan dua universitas unggulan di Taiwan tersebut.

Dalam kunjungan kali ini, tim dari Departemen Teknik Sipil Undip mengunjungi NCKU untuk melaksanakan beberapa program kerja sama seperti joint supervision yang sudah lama terjalin sejak 2017. Selain kunjungan ke NCKU, tim dari Departemen Teknik Sipil Undip juga berhasil melakukan pertemuan dan pembahasan kerja sama dengan perwakilan dari NUU Taiwan. Dalam pertemuan tersebut, ada beberapa poin kerja sama yang berhasil disepakati oleh kedua belah pihak. Poin-poin kerja sama tersebut antara lain terkait program joint degree bagi program studi Sarjana dan Magister, program credit transfer, riset bersama, pengajuan bersama untuk lokakarya atau symposium internasional, penyusunan rencana laboratorium bersama (joint-lab), serta persiapan program kelas internasional di kedua universitas.

Tim Departemen Teknik Sipil Undip berpose bersama perwakilan dari NUU Taiwan. Kunjungan ke NUU Taiwan menghasilkan beberapa kesepakatan, seperti joint degree dan riset bersama

Selain berkunjung ke NCKU dan NUU, tim Departemen Teknik Sipil Undip juga berkesempatan untuk melakukan visitasi ke fasilitas laboratorium nasional yang ada di Taiwan, yaitu National Applied Research Laboratory (NARLabs). NARLabs sendiri adalah institusi riset yang terletak di Taipei, Taiwan, dan terdiri atas beberapa laboratorium nasional independen yang semuanya memiliki fokus kajian yang beragam. Salah satu laboratorium NARLabs yang dikunjungi oleh tim Departemen Teknik Sipil Undip adalah National Center for Research on Earthquake Engineering (NCREE), yaitu laboratorium nasional yang berfokus pada pengembangan keilmuan dan teknologi terkait kegempabumian.

Tim dari Departemen Teknik Sipil Undip mengunjungi NARLabs Taiwan. NARLabs adalah institusi riset nasional di Taiwan yang memiliki beberapa laboratorium riset unggulan nasional, seperti NCREE

Dr-Ing. Bobby Rio Indriyantho, S.T, M.T, salah satu peserta dalam tim Departemen Teknik Sipil Undip berharap, kunjungan ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi kedua belah pihak. “Harapannya, kerja sama ini bisa terus berlanjut dan terus ditingkatkan. Semoga semakin banyak joint research dan joint supervision ke depannya,” ujar beliau.

Berita disadur dari Departemen Teknik Sipil Undip