Selasa, 27 Juni 2023, Fakultas Teknik mengadakan acara Penetapan dan Penyerahan Dokumen Sasaran Mutu kepada tiap Departemen, Program Studi, serta Unit yang ada di bawah naungan Fakultas Teknik. Acara penyerahan secara simbolik serta konsolidasi sistem penjaminan mutu berlangsung di R. Sidang Senat, Gedung Dekanat Lt 3.

Acara ini merupakan kelanjutan dari Rapat Kerja Fakultas dan rangkaian acara monitoring terkait penjaminan mutu dan kurikulum yang sudah berjalan sejak awal tahun. Pada Rapat Kerja Fakultas, tiap Departemen, Program Studi, dan Unit menandatangani dokumen sasaran mutu sebagai bentuk kesepakatan bersama terkait pelaksanaan sistem penjaminan mutu yang diterapkan di Fakultas Teknik. Setelah dokumen tersebut dilengkapi, maka Tim Penjaminan Mutu Fakultas Teknik (TPM FT), sebagai unit yang bertanggung jawab dalam mengawasi pelaksanaan penjaminan mutu di Fakultas Teknik, menyerahkan dokumen tersebut kepada masing-masing Departemen, Program Studi, dan Unit yang terlibat.

Dalam acara ini, Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D, berkesempatan untuk memberikan sambutan pembuka. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya sinergi antara Fakultas, Departemen, dan Program Studi untuk bisa menjalankan sistem penjaminan mutu dan kurikulum outcome-based education (OBE) yang sudah diterapkan di Fakultas Teknik. “Ketua Departemen dan Ketua Prodi harus saling bersinergi agar sistem penjaminan mutu kita berjalan dengan baik,” ujar beliau.

Prof. Agung menambahkan, acara penyerahan dokumen ini diadakan tidak hanya sebagai sarana untuk menyerahkan dokumen sasaran mutu yang sudah ditandatangani sebelumnya, namun juga sebagai sarana untuk mencocokkan target dan menentukan strategi apa saja yang diperlukan agar kualitas penjaminan mutu di Fakultas Teknik tetap terjaga baik, di mana ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal-hal tersebut mencakup pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU), baik IKU Renstra maupun IKU PTN-BH, pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal, pemenuhan kriteria-kriteria dalam akreditasi baik nasional maupun internasional, serta Sasaran Mutu Fakultas Teknik.

Beliau berharap, dengan adanya acara ini, nantinya tiap satuan yang ada di bawah Fakultas Teknik bisa saling bersinergi dan saling melengkapi kekurangan dari masing-masing pihak. “Pasti akan ada ketidaksempurnaan, namun adanya upaya ini akan bermanfaat karena bersifat strategis. Kita perlu perkuat diri kita bersama-sama,” ujar beliau.

Pada acara ini, Ketua TPM FT Undip, Dr. Naniek Utami Handayani, S.Si, MT, bersama Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr.nat.tech. Siswo Sumardiono, S.T, M.T, berkesempatan untuk menyampaikan strategi penjaminan mutu yang diterapkan di Fakultas Teknik kepada para Ketua Departemen, Ketua Prodi, dan Koordinator Unit yang hadir saat itu. Harapannya, dengan adanya acara ini, kualitas penjaminan mutu di Fakultas Teknik bisa terus meningkat menjadi lebih baik ke depannya.