Selasa, 13 Juni 2023, Pusat Riset Penginderaan Jauh (PRPJ) BRIN melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Undip. Acara kunjungan tersebut berlangsung di R. Senat, Gedung Dekanat Lt. 3. Dalam acara kunjungan tersebut, Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr.nat.tech. Siswo Sumardiono, S.T, M.T, bersama dengan Ketua Program Studi S1 Teknik Geodesi, Dr. L.M Sabri, S.T, M.T, menyambut rombongan dari PRPJ BRIN yang dipimpin oleh Kepala PRPJ BRIN, Dr. Rahmat Arief, Dipl-Ing.

Tujuan dari kunjungan PRPJ BRIN kali ini adalah untuk menginisasi kerja sama dalam bidang riset dengan Fakultas Teknik Undip. Sebagai salah satu institusi pendidikan di bidang penginderaan jauh yang cukup dikenal di Indonesia, Fakultas Teknik menjadi salah satu mitra potensial yang dipilih oleh PRPJ BRIN untuk diajak berkolaborasi dalam melakukan beberapa riset terkait topik tersebut. Kepala PRPJ BRIN, Dr. Rahmat Arief, Dipl-Ing sendiri mengungkapkan bahwa saat ini PRPJ BRIN mendapatkan kesempatan besar untuk berkolaborasi dengan institusi manapun untuk mengembangkan riset yang sedang mereka jalani saat ini. Menurut beliau, Fakultas Teknik Undip menjadi mitra yang tepat untuk memanfaatkan kesempatan tersebut. “Sejak bergabung dengan BRIN, kita (PRPJ) diminta untuk berkolaborasi dengan mitra-mitra baik pemerintah, institusi pendidikan, maupun swasta. Kita ingin memanfaatkan peluang kolaborasi ini,” ujar beliau.

Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr.nat.tech Siswo Sumardiono, S.T, M.T, mengatakan, inisiasi kerja sama yang diajukan oleh PRPJ BRIN ini merupakan kesempatan besar bagi Fakultas Teknik untuk bisa mengembangkan ilmu pengetahuannya. Beliau menyinggung tentang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan dirinya di luar kampus melalui magang. Beliau berharap, nantinya mahasiswa Fakultas Teknik bisa menjalani magang di PRPJ BRIN dan mendapatkan banyak pengetahuan yang bisa menambah wawasan mereka. “Adanya MBKM dapat membuka kesempatan bagi PRPJ BRIN dan Fakultas Teknik untuk bekerja sama. Saya harap nanti mahasiswa kita bisa magang di PRPJ BRIN ke depannya,” ungkap beliau.

PRPJ BRIN sendiri sebagai lembaga riset di bidang penginderaan jauh dari BRIN sedang menjalankan beberapa riset, di mana beberapa diantaranya dilaksanakan di Jawa Tengah, seperti riset terkait penanganan banjir di wilayah Pantai Utara. Harapannya, Fakultas Teknik nantinya bisa berkolaborasi untuk mengerjakan riset-riset tersebut. Selain itu, nantinya diharapkan antara PRPJ BRIN dan Departemen Teknik Geodesi bisa membuat semacam pusat kolaborasi riset yang dapat mengembangkan keilmuan di bidang penginderaan jauh di Indonesia.”Rintisan kerja sama ini kami tunggu karena bisa saling bermanfaat bagi kedua belah pihak,” ucap Prof. Siswo dalam acara kunjungan ini.