Jumat, 9 Juni 2023, Fakultas Teknik bekerja sama dengan Pertamina mengadakan kuliah umum dengan tema “Transformasi dan Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Ber-AKHLAK”. Acara kuliah umum ini diadakan di Engineering Hall, Gedung Dekanat Lt 5, dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai jurusan di Fakultas Teknik.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D. Dalam sambutannya, beliau berterima kasih atas kesediaan pihak Pertamina untuk menjalin kerja sama dengan Fakultas Teknik selama ini. Selain itu, beliau juga memberikan motivasi bagi mahasiswa yang ikut kuliah umum ini untuk mulai membiasakan diri dalam berkompetisi di level internasional. Beliau menjelaskan bagaimana kuliah umum ini diadakan sebagai sarana untuk membantu mahasiswa mengembangkan dirinya. “Tanyalah sebanyak-banyaknya dalam kuliah umum ini. Jadikan kuliah umum ini sebagai momentum yang berharga,” ucap beliau di depan para mahasiswa Fakultas Teknik.

Setelah sambutan pembuka dari Dekan, acara kemudian dilanjutkan dengan kuliah umum yang disampaikan oleh Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina, Ir. M. Erry Sugiharto, S.T, M.T, M.H. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan mengenai bagaimana transformasi dan pengembangan sumber daya manusia yang ada di Pertamina selama ini berjalan. Menurut beliau, pembangunan sumber daya manusia merupakan sesuatu yang sangat penting karena berkaitan dengan keberlangsungan perusahaan. Dengan menerapkan nilai-nilai AKHLAK, perusahaan sekelas Pertamina bisa mempertahankan kualitas dari para pekerjanya sehingga memberikan hasil kerja yang maksimal.

Di akhir pemaparannya, M. Erry Sugiharto berterima kasih kepada pihak Fakultas Teknik karena telah memberikan kesempatan baginya untuk menyampaikan materi tentang pengembangan SDM di Pertamina. Beliau berharap, pemaparan materi yang beliau sampaikan bisa bermanfaat bagi para peserta yang hadir. “Semoga dengan pemaparan ini mudah-mudahan bisa bermanfaat,” ujar beliau.