Jumat, 19 Mei 2023, Fakultas Teknik Undip menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pengurus Daerah Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Acara penandatanganan perjanjian tersebut dilangsungkan di R. Sidang Senat, Gedung Dekanat Lt. 3. Kerja sama tersebut membahas mengenai pelaksanaan kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) antara kedua belah pihak.

Dalam penandatanganan perjanjian kerja sama kali ini, turut hadir Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D yang didampingi oleh Ketua Departemen Teknik Geologi, Prof. Dr.rer.nat. Thomas Triadi Putranto, S.T, M.Eng. Selain itu, dari pihak IAGI Bangka Belitung sendiri turut hadir Ketua Pengurus Daerah IAGI Provinsi Bangka Belitung Ir. Achmad Albani, S.T.

Sebelumnya, kerja sama antara Fakultas Teknik khususnya Departemen Teknik Geologi dengan IAGI sudah cukup lama terjalin. Tercatat beberapa kali sivitas akademika dari Teknik Geologi turut aktif dalam berbagai kegiatan yang diadakan oleh IAGI. Adanya kerja sama dengan IAGI Bangka Belitung ini merupakan hasil dari upaya kerja sama yang sudah cukup lama terjalin antara kedua belah pihak.

Ketua Departemen Teknik Geologi, Prof. Thomas, berkesempatan untuk memberikan sambutan pembuka pada acara ini. Sebagai ketua di departemen yang berkaitan dengan bidang geologi, beliau sangat berterima kasih atas tawaran kerja sama yang diajukan oleh pihak IAGI kepada pihak Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Menurut beliau, sudah seharusnya antara institusi pendidikan dengan praktisi saling bersinergi dan berkolaborasi untuk membangun negeri secara bersama-sama. Beliau berharap, kerja sama ini dapat menciptakan hubungan yang baik serta harmonis antara kedua pihak. “Semoga dengan kerja sama kali ini, kita bisa terus menyambung tali silaturahmi antara kedua belah pihak ke depannya,” ujar beliau.