Selasa, 16 Mei 2023, Fakultas Teknik mengadakan Pembekalan Calon Wisudawan ke-170. Acara pembekalan ini dilaksanakan di Engineering Hall, Gedung Dekanat Lt 5. Acara ini merupakan kegiatan rutinan yang dilaksanakan sebagai bentuk persiapan bagi para calon wisudawan agar nantinya setelah mereka lulus mereka bisa siap menghadapi dunia kerja.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr.nat.tech. Siswo Sumardiono, S.T, M.T. Dalam sambutannya, beliau meyakinkan para calon wisudawan untuk menggunakan inovasi layanan prima yang sudah disediakan oleh Fakultas Teknik dalam mengurus berkas-berkas terkait lamaran kerja nantinya. Sebagai institusi yang sudah mendapatkan predikat ZI-WBK dan sedang menyiapkan diri menuju ZI-WBBM, Fakultas Teknik sudah menyiapkan inovasi berupa layanan akademik daring untuk memudahkan para sivitas akademika dalam mengurus kebutuhan berkas akademik mereka. “Semua pelayanan sudah dilakukan secara online. Jadi Anda sambil tiduran atau main laptop bisa langsung mengajukan ke kami, nanti pengajuannya akan langsung masuk ke Fakultas Teknik,” ucap beliau ketika menjelaskan inovasi layanan di Fakultas Teknik.

Selain itu, Prof Siswo juga menjelaskan bagaimana selama ini Fakultas Teknik berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memperbaiki peringkat akreditasi dari jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Teknik. Beliau berharap, dengan peringkat akreditasi yang baik, maka akan memudahkan para mahasiswa dalam melanjutkan pendidikan di luar negeri ataupun ketika mencari pekerjaan nantinya. “Alhamdulillah Fakultas Teknik sudah bertransformasi, sehingga kami berharap nantinya mahasiswa kita siap dalam mencari kerja,” ujar beliau.

Dalam acara pembekalan kali ini, ada tiga pemateri yang dipilih untuk memberikan persiapan bagi para calon wisudawan. Pemateri utama adalah Nuryanto, S.Gz, M.Gizi dari Tracer Study Undip yang akan menjelaskan tentang pentingnya tracer study bagi Undip. Pemateri berikutnya yaitu Dr. Unika Prihatsanti, S.Psi, M.A dari Fakultas Psikologi Undip. Beliau memberikan materi tentang persiapan psikis dan fisik yang harus disiapkan oleh calon wisudawan ketika hendak mencari kerja. Pemateri terakhir yaitu Endah Murtianasari, S.T, M.M dari Really English Universitas Esa Unggul. Beliau menyampaikan tentang pentingnya personal branding bagi para pencari kerja.

Dari acara pembekalan ini, diharapkan para calon wisudawan bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik sebelum nantinya berbaur dan berkarya di masyarakat.