Kamis, 11 Mei 2023, Departemen PWK Undip bersama dengan Pemerintah Kota Semarang, Pemerintah Kota Brisbane, dan The University of Queensland mengadakan webinar bertajuk “Smart City Development in Brisbane and Semarang”. Kegiatan webinar ini merupakan lanjutan dari seri seminar yang dilaksanakan untuk memperingati kerja sama sister city antara Kota Semarang dan Kota Brisbane yang sudah berlangsung selama 30 tahun.

Dalam webinar kali ini, Ms. Susie Clowes dari Asia Pacific City Summit dan Ir. Iswar Aminuddin, M.T dari Sekretaris Pemerintah Kota Semarang menjadi pemateri yang akan membawakan topik terkait pelaksanaan dan pengembangan program kota pintar di Semarang dan Brisbane. Sebagai pemantik diskusi, Dr. Fred Fialho Teixeira dari School of Architecture, The University of Queensland dipilih bersama dengan Prof. Dr.rer.nat. Imam Buchori, S.T dari Departemen PWK Undip untuk mengarahkan diskusi pada acara yang dimoderatori oleh A/Prof. Sonia Roitman dari School of Earth and Environmental Sciences, The University of Queensland tersebut.

Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos, walikota Semarang yang saat itu diwakilkan oleh Drs. Muhammad Khadhik, M.Si, menyampaikan sambutan pembuka pada webinar kali ini. Dalam sambutannya, beliau berharap bahwa seri seminar ini bisa menjadi media untuk saling belajar dan berbagi pengalaman bagi kedua belah pihak agar bisa mengembangkan kedua kota menjadi kota pintar yang tangguh dan kuat. “Saya berharap, kita bisa berbagi pengalaman untuk menjadikan Semarang dan Brisbane menjadi smart city yang tangguh dan kuat.”

Selain itu, Prof. Ambariyanto, Wakil Rektor Riset, Inovasi, dan Kerja Sama Undip juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Semarang dan Pemerintah Kota Brisbane karena telah memberikan kesempatan kepada perguruan tinggi seperti Universitas Diponegoro untuk berkolaborasi bersama dalam memecahkan masalah perkotaan yang ada. “Terima kasih sudah menginisasi adanya kolaborasi ini. Semoga ke depannya kita bisa saling memberikan manfaat,” kata Prof. Ambar.

Prof. Deborah Terry, AO, Wakil Kanselor dan President dari The University of Queensland juga mengungkapkan rasa bangganya sebagai institusi pendidikan yang ikut bersama Kota Brisbane dalam mendiskusikan tentang perencanaan kota bersama dengan mitra mereka di Indonesia.“UQ (The University of Queensland) memiliki perspektif global untuk membangun dunia. Melalui kerja sama dengan mitra dari Indonesia, kami berharap momen ini dapat menjadi kesempatan untuk berbagi pengetahuan,” ungkap beliau.

Seri seminar ini diadakan sebanyak tiga kali. Di mana pada seminar pertama, topik yang dibawa adalah tentang manajemen bencana. Lalu pada seminar kedua topik yang dibawa adalah pertumbuhan dan pengembangan pemukiman di wilayah perkotaan. Webinar kali ini diadakan sebagai rangkaian penutup dari seri seminar ini.