Senin, 3 April 2023, Fakultas Teknik menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Sonar Nusantara Utama di R. Teater, Gedung Dekanat Lt 4. Dalam penandatanganan perjanjian kerja sama ini, turut hadir Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc,Ph.D, Ketua Departemen Teknik Geodesi, Dr. L.M. Sabri, S.T., M.T, dan Ketua Departemen Teknik Sipil, Prof. Jati Utomo Dwi Hatmoko, S.T., M.M., M.Sc., Ph.D.

PT Sonar Nusantara Utama sendiri adalah perusahaan yang berfokus pada pengembangan dan penerapan teknologi informasi dalam melakukan analisis di bidang geospasial. Sebagai perusahaan yang berfokus pada penggunaan teknologi, kehadiran Sonar Nusantara diharapkan dapat memberikan pembaharuan terhadap keilmuan terutama yang terkait dengan penerapan teknologi 4.0 di bidang geospasial dan bidang-bidang terkait yang ada di lingkungan Fakultas Teknik.

Dr. L.M. Sabri, S.T, M.T, selaku Kadep Teknik Geodesi menyambut baik upaya kerja sama dengan PT Sonar Nusantara Utama ini. Menurut beliau, kehadiran perjanjian kerja sama ini tidak hanya akan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman profesional di bidang geospasial saja, namun juga memberikan kesempatan bagi Teknik Geodesi maupun departemen lainnya yang terkait untuk bisa mengembangkan keilmuannya terutama terkait dengan pemanfaatan teknologi di bidang pemodelan geospasial. “Di era teknologi seperti sekarang, kita harus belajar bagaimana cara memanfaatkan teknologi yang ada. Kalau tidak, kita yang akan tertinggal nantinya,” ujar beliau.

Beliau berharap, dengan adanya perjanjian kerja sama ini, seluruh unit dan departemen yang ada di Fakultas Teknik dapat bersatu dalam memanfaatkan teknologi ini secara bersama-sama. “Satu Teknik harus bersatu dalam memanfaatkan teknologi ini. Semua departemen bisa saling berpadu,” ucap Pak Sabri. Melalui keterpaduan itulah, diharapkan bahwa satu Fakultas Teknik bisa mendapatkan pemutakhiran teknologi dengan lebih cepat secara bersama-sama.

Foto oleh Departemen Teknik Geodesi Undip