Senin, 20 Maret 2023, Fakultas Teknik Undip melaksanakan acara lokakarya (workshop) persiapan, sosialisasi, dan finalisasi dokumen penambahan ruang lingkup pada Laboratorium Pengujian Fakultas Teknik Undip di Ruang Sidang Senat, Gedung Dekanat Lt 3. Acara lokakarya ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 20 Maret hingga 21 Maret 2023. Tujuan dari diadakannya lokakarya ini adalah untuk mempersiapkan penambahan ruang lingkup dan surveilens untuk laboratorium pengujian di bidang Teknik Sipil. Hal ini menjadi penting untuk dilakukan mengingat Laboratorium Pengujian FT sendiri sudah mendapatkan akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017 pada April 2022 yang lalu untuk laboratorium Teknik Lingkungan dengan ruang lingkup pengujian air untuk keperluan higiene dan sanitasi.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D, berkesempatan untuk memberikan sambutan pembuka pada lokakarya kali ini. Dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa tujuan dari adanya lokakarya ini adalah untuk meningkatkan standar kualitas laboratorium yang ada di Fakultas Teknik. Beliau berharap, nantinya laboratorium-laboratorium pengujian yang ada dapat mengikuti standar yang sesuai dengan akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Wakil Dekan Sumber Daya, Dr. Ir. Abdul Syukur, S.T, M.T, IPU ST. Beliau menyambut baik adanya lokakarya ini. Harapan beliau, nantinya semua laboratorium pengujian di Fakultas Teknik bisa terstandar ISO, sehingga dapat meningkatkan kualitas pengujian yang dihasilkan di Fakultas Teknik. “Harapannya nanti semua laboratorium bisa menyusul setelah ini,” tutur beliau.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi yang dipimpin oleh Dr.-Ing. Silviana, ST, MT, IPM, ASEAN ENG selaku Koordinator Mutu Pengelola Laboratorium Pengujian Fakultas Teknik. Dalam lokakarya ini, hadir pula pemateri utama yaitu Ir. Siti Rohmah, M.M selaku Asesor dari KAN. Selain pemaparan materi mengenai penambahan ruang lingkup dan persiapan surveilens untuk laboratorium pengujian, terdapat pula sesi bedah dokumen bersama Asesor dan manajer dari tiap laboratorium pengujian yang diundang. Diharapkan, setelah lokakarya, nantinya laboratorium pengujian yang terkait, yaitu dari Teknik Sipil, dapat mempersiapkan diri agar bisa mencapai standar yang diinginkan.