Home / Kabar Fakultas / SEMINAR NASIONAL APLIKASI TEKNIK AUTOMASI DUNIA INDUSTRI

SEMINAR NASIONAL APLIKASI TEKNIK AUTOMASI DUNIA INDUSTRI

Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Teknik Mesin Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Selasa (1/12) menggelar Seminar Nasional Aplikasi Teknik Automasi Untuk Dunia Industri di Gedung Prof Soedarto Kampus Undip Tembalang. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Ro-tech 2009 yang merupakan kalender tahunan teknik mesin Undip. Selain dibahas tentang outomasi untuk dunia industri oleh penyaji B Arifianto, ST (ITB) dalam kesempatan ini Iwan Setiawan (Undip) membawakan makalah tentang Software Development Methodology For Robotic and Embedded System. Selain diikuti dari keluarga besar tenik mesin Undip, seminar kali ini juga dihadiri para tamu mahasiswa dari Univ lain seperti Tri Saksi, Amikom I, Unissula, UGm, ITS, Amikom 2 dan Unibraw. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Rektor Undip, Prof Dr Soesilo Wibowo dimeriahkan juga  dengan bazar, pameran teknologi dan pentas seni.
Budi Arifianto, ST dari ITB Bandung mengatakan, otomasi atau dalam bahasa yunani kuno berarti Self Dictated atau disebut juga kontrol numerik biasa digunakan untuk mengendalikan suatu sistem. Contoh, otomasi suatu kompoter yang mengendalikan mesin dan proses industri yang bisa mengurangi keterlibatan manusia dalam proses bersangkutan. Proses otomasi dalam bidang industri menempati posisi selangkah didepan mekanisasi. Pada proses mekanisme biasanya dibutuhkan manusia sebagai operator mesin, sedangkan pada otomatisasi akan mengurangi keterlibatan manusia sebagai operator.

Keunggulan otomasi adalah kesalahan akibat human error bisa lebih dikurangi, ketelitian yakni besaran yang berhubungan dengan pencapaian hasil terhadap target, maupun ketepatan yang berarti keterulangan suatu proses akan lebih terjamin. Kemudian, untuk dunia industri produktifitas akan semakin meningkat. Perbandingan mokrokontroller dengan PLC (Programmable Logic Controler).Mikrokontroler lebih murah, feksibel, relatif lebih sulit dalam hal progamming, wiring yang rumit, kecepatan eksekusi tinggi dan dapat menghasilkan alat yang jauh lebih canggih.

Sedangkan PLC, harganya mahal kemudahan programming, wiring sederhana, cocok untuk industri dan kecpatan eksekusi lebih rendah. Mikrokontroller sendiri adalah piranti elektronik berupa IC Integrated Circuit yang memiliki kemampuan manipulasi data (informasi) berdasarkan suatu urutan instruksi (program. Dalam sebuah struktur mokrokontroller akan kita temukan juga komponen-komponen seperti processor memory, clock dll.

Pada hari kedua Rabu besuk, ro-tech ini khusus akan diisi dengan lomba antar robot dari tujuh perguruan tinggi lain. Masing-masing perakilan perguruan tinggi ini akan unjuk kebolehan mendemokan  produkproduk robot mutakhir yang dimiliki. Acara ini direncanakan bakal mendapat apresiasi yang cukup bagus dari para pecinta robot ditanah air.

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

PENGUMUMAN KEPADA CAMABA UM 2 UNDIP

Berdasarkan hasil seleksi UM 2 Universitas Diponegoro, perlu disampaikan beberapa hal/ pengumuman sebagai terlampir berikut. …

PENGUMUMAN: PENETAPAN PELAKSANAAN REGISTRASI ADMINISTRATIF MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMESTER GASAL TAHUN TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Leave a Reply