Berdasarkan Pengumuman No. 45/UN7.A1/AK/2024 tentang Registrasi Administratif dan Verifikasi Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana dan Sarjana Terapan Jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) Tahun Akademik 2024/2025 Universitas Diponegoro, berikut rangkaian proses registrasi dan verifikasi yang harus dipenuhi oleh Calon Mahasiswa Baru jalur SNBT Undip 2024.

Registrasi Online

Calon mahasiswa baru melakukan registrasi secara daring melalui regonline.undip.ac.id mulai tanggal 15-21 Juni 2024 dengan cara masuk ke laman tersebut menggunakan Nomor Peserta sebagai Nama Akun dan Tanggal Lahir (DDMMYYYY) sebagai Kata Sandi.

Mekanisme Registrasi Online

  • Mahasiswa mengisi data pribadidata orang tua/ walidata pendidikan, dan data prestasi.
  • Mahasiswa menentukan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester pada menu Pilihan UKT.
    Calon mahasiswa diwajibkan memilih salah satu pilihan UKT: Golongan Tertinggi atau Golongan Lainnya (selain Golongan Tertinggi).

    • Sebelum menentukan pilihan UKT, calon mahasiswa wajib memahami ketentuan terkait besaran UKT Jalur SNBP Universitas Diponegoro Tahun Akademik 2024/2025 yang dapat diakses di sini
    • Calon mahasiswa jalur SNBP tidak dibebani biaya Iuran Pengembangan Institusi (IPI)
    • Calon mahasiswa yang memilih UKT Golongan Lainnya (selain Golongan Tertinggi), wajib mengunggah berkas UKT. Penjelasan terkait berkas UKT ini dapat diakses di sini
    • Besaran UKT yang harus dibayarkan oleh mahasiswa yang memilih UKT Golongan Lainnya (selain Golongan Tertinggi) dapat dilihat pada menu Pengumuman UKT, yang baru bisa diakses mulai tanggal 25 April 2024 di laman regonline.undip.ac.id/
  • Mahasiswa kemudian mencetak dan menandatangani Form Registrasi Online dan Pernyataan Kesanggupan yang diunduh dari menu Cetak Formulir & KTM

Pembayaran Biaya Pendidikan

  • Jadwal pembayaran biaya pendidikan bagi calon mahasiswa baru yang memilih UKT Golongan Tertinggi adalah tanggal 15 Juni – 25 Juni 2024
  • Jadwal pembayaran biaya pendidikan bagi calon mahasiswa baru yang memilih UKT Golongan Lainnya (selain Golongan Tertinggi) adalah tanggal 24 Juni – 27 Juni 2024
  • Mekanisme pembayaran dapat dilihat di sini
  • Bagi calon mahasiswa baru yang menjadi peserta KIP-Kuliah (KIP-K), berikut ketentuan terkait pembayaran biaya pendidikan:
    • Calon mahasiswa baru peserta KIP-K tidak membayar UKT terlebih dahulu di Semester 1 (satu)
    • Calon mahasiswa baru peserta KIP-K wajib mengikuti seleksi KIP-K yang dilaksanakan mulai dari tanggal 9 – 19 Juli 2024 dengan mekanisme yang tercantum di sini
    • Bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan tidak lolos seleksi KIP-K diwajibkan untuk membayar UKT dengan besaran yang akan ditetapkan kemudian
  • Seluruh biaya pendidikan yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
    (MOHON MEMPERTIMBANGKAN DENGAN BAIK SEBELUM MELAKUKAN PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN)

Pemeriksaan Kesehatan

Setelah melaksanakan registrasi online dan pembayaran biaya pendidikan, calon mahasiswa wajib melaksanakan tes pemeriksaan kesehatan yang meliputi tes fisik, tes bebas narkoba, tes bebas buta warna, dan tes psikometri (bagi program studi yang mensyaratkan) dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Bagi calon mahasiswa baru yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya direkomendasikan untuk menjalani tes pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND)
  • Untuk calon mahasiswa baru yang berdomisili di luar Semarang dan tidak melakukan tes pemeriksaan kesehatan di RSND harus menggunakan formulir pemeriksaan kesehatan yang dapat diunduh di sini
  • Seluruh ketentuan terkait pemeriksaan kesehatan tercantum dalam Pengumuman yang dapat diunduh di sini

Pengunggahan Berkas

  • Unggah berkas dapat dilakukan mulai dari tanggal 15 Juni – 30 Juni 2024
  • Berkas yang perlu diunggah oleh calon mahasiswa baru meliputi
    • Berkas UKT (bagi yang memilih UKT selain Golongan Tertinggi)
    • KTP atau Surat Keterangan Kependudukan Pengganti KTP
    • Berkas Registrasi
    • Foto untuk KTM
  • Penjelasan detail terkait berkas yang diunggah dapat dilihat di sini

Verifikasi Berkas dan Cetak KTM

  • Berkas yang diunggah akan diverifikasi secara online oleh petugas pada tanggal 19 – 30 Juni 2024.
  • Adapun berkas yang akan diverifikasi meliputi berkas sebagaimana huruf D poin 2.b., 2.c., dan
    2.d.
  • Berkas yang telah diunggah dan dinyatakan lengkap akan diverifikasi oleh petugas berdasarkan
    urutan waktu masuk.
  • Calon mahasiswa memantau secara berkala hasil verifikasi yang akan diumumkan melalui web https://regonline.undip.ac.id menu Pengumuman Tes Kesehatan dan Pengumuman Verifikasi.
  • Calon mahasiswa dapat mencetak KTM Sementara secara mandiri setelah dinyatakan lolos
    verifikasi dan mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM).
  • KTM Asli dapat diambil di Fakultas/ Sekolah masing-masing sesuai jadwal yang akan
    diinformasikan kemudian

Pembuatan Akun Single Sign On (SSO)

  • Pembuatan akun SSO hanya bisa dilakukan setelah calon mahasiswa baru dinyatakan lolos verifikasi (online) dan mendapatkan NIM
  • Mahasiswa baru dapat memulai pembuatan akun SSO dengan mengecek inbox dan membuka surel yang dikirimkan oleh Undip di alamat surel pribadi yang didaftarkan ketika mengisi data di regonline.undip.ac.idJika tidak menemukan surel dari Undip di inbox, silakan cek Spam
  • Klik tautan yang terdapat dalam surel tersebut, kemudian ikuti langkah-langkahnya hingga selesai

Ketentuan Lain

  • Calon mahasiswa baru diharapkan untuk menjadi peserta JKN-KIS BPJS dan memindahkan Fasyankes-nya ke Klinik Pratama Diponegoro I. Cara membuat akun kepesertaan BPJS dan ketentuan pindah faskes bisa dilihat di sini
  • Hak sebagai mahasiswa dinyatakan gugur apabila:
    • Tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan
    • Memberikan keterangan yang tidak benar pada waktu melakukan registrasi
    • Tidak melakukan salah satu atau keseluruhan rangkaian proses registrasi pada tenggang waktu yang telah ditentukan
    • Tidak memenuhi persyaratan kesehatan yang dapat mengganggu proses pembelajaran
  • Calon mahasiswa baru yang telah menyelesaikan keseluruhan rangkaian proses registrasi berarti telah
    menerima segala ketentuan yang ada dalam pengumuman ini.
  • Calon mahasiswa baru yang tidak ingin melanjutkan studi di Undip dapat mengajukan permohonan
    undur diri dengan mengisi form yang tersedia di sini serta segala biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Informasi Tambahan

  • Untuk informasi yang sering ditanyakan (Frequently Asked Questions, FAQ), bisa dibaca di regonline.undip.ac.id pada menu FAQ.
  • Informasi lain dapat ditanyakan melalui layanan Halo Undip di halo.undip.ac.id dengan menyebutkan nomor peserta, nama, dan jalur masuk.
  • Info mengenai linimasa registrasi bisa dicek di Instagram Fakultas Teknik Undip @teknikundip