Berkenaan dengan adanya keperluan untuk melampirkan berkas berupa Surat Rekomendasi dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dalam mendaftar ke Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 7 tahun 2024, berikut adalah prosedur pengajuan Surat Rekomendasi dan SPTJM di Fakultas Teknik Undip untuk tahun 2024.

Prosedur Pengajuan Surat Rekomendasi

Penjelasan Awal terkait Surat Rekomendasi

  • Surat Rekomendasi ditandatangani oleh Dekan
  • Surat Rekomendasi memerlukan surat permohonan dari Program Studi yang bersangkutan
  • Surat Rekomendasi dikeluarkan oleh Fakultas, sehingga cukup diurus di Dekanat

Tata Cara Pengajuan

  • Mahasiswa mengajukan Surat Permohonan ke Program Studi
  • Program Studi membuat Surat Permohonan kepada Dekan dengan mengikuti contoh di sini dan di sini
  • Setelah Surat Permohonan kepada Dekan selesai dibuat, mahasiswa mengunggah Surat Permohonan kepada Dekan tersebut dan Transkrip Akademik Terbaik ke dalam form di tautan berikut
  • Waktu pemrosesan Surat Rekomendasi sekitar 2 hari kerja. Mahasiswa bisa mengambil langsung Surat Rekomendasi yang sudah selesai diproses di Bagian Pelayanan Dekanat (front desk Gedung Prof. Ir. Eko Budihardjo, M.Sc Lantai 1)

Prosedur Pengajuan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)

Penjelasan Awal terkait SPTJM

  • SPTJM ditandatangani oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Undip
  • SPTJM tidak memerlukan Surat Pengantar dari Dekan
  • SPTJM diurus oleh mahasiswa dan diajukan langsung ke Biro Akademik dan Kemahasiswaan Undip, tidak melalui FakultaS

Tata Cara Pengajuan

  • Mahasiswa mengunduh format SPTJM di sini
  • Mahasiswa langsung mengajukan SPTJM ke Biro Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Gedung SA-MWA Lantai 2

Unduh Petunjuk Teknis terkait Pelaksanaan dan Prosedur Pengajuan Berkas untuk Program MBKM di Universitas Diponegoro di sini